Loyalitas Milwan Dipertanyakan

HT Milwan

Munculnya nama Tengku Milwan di saat-saat terakhir dalam bursa calon Ketua DPD Partai Demokrat Sumut menimbulkan kecemasan tersendiri di kalangan internal partai itu.

Mantan Bupati Labuhan Batu itu dianggap tidak punya rekam jejak yang baik, bahkan disinyalir hanya ingin mengambil manfaat tanpa ada niat untuk membesarkan partai.

“Kita bukan main tuduh. Track record-nya berbicara, bagaimana dia dengan lihai ‘menunggangi’ berbagai partai untuk memuluskan kepentingan politiknya sendiri,” ungkap Wakil Bendahara DPD Partai Demokrat Sumut, Abdul Manan Nasution Dipl Eng, SSos kepada wartawan di Medan, tadi malam.

Dia mengingatkan, beberapa waktu lalu, Milwan adalah Ketua Golkar Labuhan Batu. Dia juga pernah ‘menguasai’ Partai Pelopor dan Hanura dengan menjadikan kerabatnya sebagai pimpinan. “Orang seperti ini akan kita serahi tampuk kepemimpinan Demokrat Sumut? Saya harap semua kader, termasuk para pimpinan DPP membuka mata terhadap fakta ini, karena ini menyangkut masa depan partai,” katanya.

Dia kemudian menggambarkan, saat ini Demokrat memang seperti gula manis yang dirubungi semut. “Siapa yang tidak mau ikut berteduh di partai penguasa, jadi pucuk pimpinan pula. Sangat logis kalau semua orang ingin merapat. Tetapi kita para kader sejati partai, yang sudah berkeringat mulai dari masa-masa sulit dahulu, tentu harus memagari partai ini dari penyusupan para oportunis. Kita cinta partai ini, dan tidak ingin Demokrat dimanfaatkan oleh oportunis, yang pasti tidak punya niat membesarkan partai,” ujarnya.

Nama Milwan sendiri memang muncul tiba-tiba akhir Oktober lalu, seiring dengan agak surutnya kans Rahudman Harahap, Walikota Medan, menyusul pengumuman status hukumnya oleh Kejatisu.

Inilah yang digambarkan Abdul Manan sebagai bentuk oportunitas Milwan itu. “Dia bahkan tidak pernah menunjukkan ketertarikan sebelumnya. Tiba-tiba, begitu dia melihat ada ruang kosong karena salah satu kandidat kuat bermasalah, dia mendadak muncul entah dari mana. Yang seperti ini harus diwaspadai, tidak saja oleh Demokrat, tetapi oleh semua partai lain,” tegasnya.

Jago Lobi Jakarta

Sementara itu, sumber di DPD Demokrat Sumut mengakui, HT Milwan dikenal sebagai figur yang lihai dalam meyakinkan lingkaran elit partai di Jakarta. Buktinya, HT Milwan mampu meyakinkan elit partai untuk dua periode dari moncong putih PDIP hingga Partai Golkar. Saat ini, dia diyakini juga sudah menggunakan “bakat” khususnya itu untuk meyakinkan elit Demokrat di Jakarta, agar direstui untuk merebut kursi Ketua DPD Partai Demokrat Sumut.

Dia juga mengaku sangat cemas, bila DPP ternyata berhasil “dihipnotis” oleh Milwan. “Saya dan teman-teman sudah melihat indikasi bahwa Milwan sudah berhasil menancapkan kukunya di DPP, dan ini berbahaya, karena para peserta Musda tentu akan takut jika DPP sudah memberikan arahan. Dan jika sampai itu yang terjadi, habislah kita,” ujarnya.

Kader Partai

Sebelumnya, pengamat politik dari FISIP USU, Warjio mengatakan Demokrat Sumut sebaiknya dipimpin oleh kader dari internal. “Saya kira kandidat yang merupakan kader Demokrat paling layak memimpin untuk lima tahun ke depan. Meskipun tidak ada jaminannya jika dari internal akan memperjuangkan kepentingan rakyat Sumut. Akan tetapi sosok dari internal dinilai akan mendapatkan akuntabiltas politik dari kader-kader PD Sumut. Pasalnya selain paham dengan kondisi partai, PD Sumut tidak akan tertunggangi oleh kepentingan pihak luar yang dikhawatirkan hanya mementingkan kepentingan kelompoknya saja.

“Sosok dari internal tentunya akan lebih pas memimpin PD Sumut. Akan berbahaya jika PD Sumut dipimpin oleh orang lain yang belum teruji kredibilitasnya dan kemampuannya memimpin partai,” tandasnya. [oga]

One Comment to “Loyalitas Milwan Dipertanyakan”

  1. seru deh…… pertarungan mantan incumbent dan incumbet pada Musda2 PD kali ini. Klu aku ditanya filingku mengatakan yang menang pada Musda 2 PD Sumut ya incumbent bukan mantan incumbent siapa dia …… ? jawabnya cari aja yang latar belakang organisasinya Klop gitu lho, dengan Ketum PD Anas Urbaninggrum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: