Mentawai Luluh Lantak

Mentawai, Mandiri

Korban tewas tsunami di Kepulauan Mentawai terus bertambah. Data Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat terakhir menyebutkan, korban tewas mencapai 272 korban.”Dari rekap data sementara korban jiwa bertambah menjadi 272 orang,” kata Kepala Pusat Pengendali Operasi BPBD Sumbar Ade Edward kepada wartawan, Rabu (27/10).

Hingga saat ini, BPBD masih menghitung jumlah korban tewas. “Rekap masih berjalan, kemungkinan mencapai 300 lebih korban,” ujarnya.Ade mengatakan, data tersebut dibuat berdasarkan laporan warga di 4 kecamatan yang diterjang ombak setinggi 6 meter, Senin (25/10) kemarin.

Namun, ada juga jasad yang ditemukan Tim SAR saat melakukan penyisiran di Kepulauan Mentawai.”Sebagian korban dilaporkan sudah dikebumikan dan sebagian sudah dievakuasi,” katanya.Gempa 7,2 SR mengguncang Kepulauan Mentawai, lusa kemarin. 509 orang dari 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Sikakap, Pagai Utara, Pagai Selatan, dan Sipora Selatan, dilaporkan hilang.

Guna memperlancar pencarian korban yang terseret gelombang tsunami, tim pencari menyiapkan 4 helikopter karena pertimbangan ombak tinggi yang tidak memungkinkan untuk pencarian dengan menggunakan speed boat.

Parah

Ketua DPD Irman Gusman selesai meninjau kerusakan pascatsunami di Mentawai. Berdasarkan pantauannya, Mentawai mengalami kerusakan yang sangat parah.”Parah sekali. Banyak tempat hancur,” ujar Irman di Bandara Minangkabau, Padang, Rabu (27/10).

Irman sempat meninjau Dusun Muntei Baru-baru, Desa Batu Monga, Kecamatan Pagai Utara, Mentawai. Di sana rumah-rumah rata dengan tanah. Diperkirakan gelombang tsunami menerjang daratan sejauh 500 meter.”Menurut kepala dusun, ombak pertama tingginya 5 meter. Yang kedua mencapai 30 meter. Itu menurut saksi sejarah. Kepala dusun itu anaknya juga meninggal,” terang Irman.

Di sana Irman juga menyaksikan 100 mayat yang dimasukkan ke dalam plastik. Tapi menurutnya warga sudah diungsikan. Makanan serta bantuan untuk pengungsi menurutnya untuk sementara sudah cukup.”Aparat bertindak cepat,” kata dia.

Selain di dusun itu, Irman menyaksikan kawasan pantai barat juga hancur lebur diterjang tsunami. Namun ibu kota Mentawai dilaporkan tidak mengalami kerusakan yang begitu parah.

“Karena lokasinya berada di balik bukit,” jelas pria berkacamata ini.Irman meninjau sejak pukul 12.00 WIB bersama Wapres Boediono dengan menggunakan helikopter.

Penijanuan dilakukan langsung maupun lewat udara selama sekitar 4 jam.Tiba di PadangPresiden SBY mendarat di Bandara Minangkabau, Padang. Begitu turun dari pesawat, SBY langsung menuju ruang VVIP untuk mendengar laporan dari Wapres Boediono tentang kondisi Mentawai yang diterjang tsunami.Pantauan wartawan, SBY mendarat dengan pesawat kepresidenan sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (27/10).

SBY yang terbang dari Hanoi ini tampak mengenakan jaket hitam.Turut mendampingi SBY, Ani Yudhoyono, staff khusus bidang luar negeri Teuku Faizasyah dan Jubir Presiden Julian Aldrin Pasha. Tidak ada pejabat setingkat menteri yang tergabung dalam rombongan itu.SBY turun dan berjalan kaki sejauh 200 meter ke ruang VVIP. Di sana SBY disambut oleh Wapres Boediono, Menko Kesra Agung Laksono, Mensos Salim Segaf Al Jufri dan Menkes Sri Endang Sedyaningsih.

Pertemuan membahas bencana ini berlangsung tertutup. Rencananya SBY akan menginap di Padang. Baru keesokan hari, SBY akan meninjau lokasi bencana tsunami di Mentawai.Gempa 7,2 SR mengguncang Kepulauan Mentawai, lusa kemarin. 509 orang dari 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Sikakap, Pagai Utara, Pagai Selatan, dan Sipora Selatan, dilaporkan hilang. Data Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat terakhir menyebutkan, korban tewas mencapai 272 korban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: