KPK Garang Soal Syamsul Senyap Soal Century

Medan, Mandiri

Partai Golkar bereaksi sangat keras soal penahanan Gubernur Sumut, H Syamsul Arifin, SE, yaang juga ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara Syamsul Arifin. Golkar meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya garang soal kasus Syamsul, tetap skandal kasus Bank Century hingga saat ini masih senyap.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menanggapi pertanyaan wartawan atas penahanan Gubsu. “Tidak hanya ini kasus Syamsul, kami juga fokus pada masalah Century,” kata Aburizal saat menjenguk Syamsul di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu 23 Oktober 2010.

Menurut dia, kasus Century harus secepatnya diselesaikan hingga menyeret semua orang yang terlibat. Kasus Century terkesan mandek setelah DPR menyerahkan rekomendasi kepada kejaksaan dan kepolisian. Namun, hingga beberapa bulan tak kunjung terlihat tindak lanjutnya.
Bukan kali ini saja Partai Golkar menyesalkan sikap KPK yang lebih memprioritaskan kasus-kasus kecil namun mengabaikan yang jauh lebih besar.

KPK sebelumnya juga bergerak cepat dalam mengusut 26 mantan anggota DPR dalam dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia ketimbang kasus Century yang nilai uangnya jauh lebih  tinggi dan sudah pula direkomendasikan sidang parlemen.

“Kenapa KPK lebih dulu memproses 26 mantan anggota DPR ketimbang masalah Century. Kami jelas mempertanyakan hal itu,” tanya Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie usai menghadiri open house di rumah pribadi Jusuf Kalla, beberapa waktu lalu.

Padahal kasus Century, sambung Aburizal yang kerap disapa Ical ini, sudah didorong lewat ketetapan resmi dari Pansus DPR. Sudah melewati Paripurna di lembaga DPR. “Jelas menjadi sebuah pertanyaan, kenapa KPK tidak memprioritaskan kasus Century ini” tanya Ical.

Bidang hukum  Partai Golkar, lanjutnya, akan mempertanyakan hal tersebut kepada KPK. Golkar berharap, siapapun yang terpilih jadi ketua KPK , antara Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas, bisa segera memproses kasus Century. “Kita sebelumnya sudah mendorong KPK melalui anggotanya untuk segera memproses lebih lanjut kasus Century,” katanya.

Aburizal berharap agar  KPK tidak tebang pilih dalam memproses kasus-kasus korupsi. Kasus besar seperti Century mestinya jadi prioritas.
Pada kesempatan yang sama, Mantan Presiden Jusuf Kalla juga menegaskan bahwa kasus Century mestinya harus lebih diproritaskan oleh KPK. “Masalah Century itu kan urusan triliunan dan sudah diputuskan di parlemen. Jadi harus segara diproses dan ditindak lajuti oleh KPK,” kata Jusuf Kalla yang juga Mantan Ketua Umum Golkar itu.

Namun, lanjut JK, bukan berarti kasus lainnya seperti dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia pada 2004, tidak penting. “Kita lihat dulu lebih besar mana dari kasus-kasus yang ada. Tentunya kasus yang paling besar dugaan korupsinya harus diprioritaskan,” tegas dia.

Kalla memberi contoh soal dugaan kasus korupsi pengadaan sarung yang melibatkan mantan Menteri Sosial Bachtiar Hamzah. “Jangan cuma ditangkap orang yang urusannya sarung sementara orang yang berurusan dengan uang yang triliunan tidak ditangkap, bahkan kasusnya belum juga diproses,” ujar Kalla.

One Comment to “KPK Garang Soal Syamsul Senyap Soal Century”

  1. Orang baek, orang jujur Kayak Bang Ripin Koq ditahan ini tak adil… K**tol Semua!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: