Maulana Pohan Ditabalkan Marga Sembiring

MEDAN, MANDIRI

Sekitar 3.000-an orang hadiri acara adat penabalan marga Sembiring kepada calon Walikota Medan Ir H Maulana Pohan MM dan Beru Ginting kepada isterinya, dr Hj Sri Hartati Tani, Sabtu (10/4) malam di Jambur Tamsaka Jalan Jamin Ginting Km 11,5 Simpang Selayang Medan.

Masyarakat Karo yang hadir terlihat antusias menyaksikan acara adat tersebut. Apalagi di saat Maulana Pohan dan isterinya Sri Hartati Tani, serta calon Wakil Walikota H Ahmad Arif SE MM dan isterinya, Hj Zulmawati SE, turut menari adat bersama tokoh-tokah adat dan masyarakat Karo yang hadir.

Terlebih ketika Maulana dan isterinya didaulat pembawa acara Alan Dhani Sitepu tampil di panggung dalam acara bertajuk Gendang Guro-guro Aron “Mburo Ate Tedeh” Masyarakat Karo se-Kota Medan itu, menyanyikan lagu “Biring Manggis”, tokoh adat dan masyarakat Karo secara bergiliran memberikan “saweran” atau manortor dengan Maulana dan isterinya.

Pemberian marga Sembiring ini langsung dilakukan secara adat yang berlangsung khidmat oleh kedua “orang tua” Maulana Pohan, Effendi Sembiring dan Sole Br Sitepu. Sedangkan pemberian marga Ginting kepada dr Hj Sri Hartati Tani, dilakukan secara adat oleh “orang tuanya”, Suruhen Ginting dan Minah Br. Karo.

Ketua Panitia Bangkit Sitepu, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pemberian marga itu dilakukan sebagai bentuk dukungan masyarakat Karo khususnya yang berasal dari marga Sembiring dan Ginting, terhadap pencalonan Maulana Pohan-Ahmad Arif pada Pemilukada Kota Medan.

“Kami sadar betul, hanya dengan orang berpengalaman dan jujurlah Kota Medan ke depan dapat menjadi lebih baik. Untuk membangun kedekatan itu pula kami memberikan marga terhadap Maulana Pohan,” kata Bangkit.

Anggota DPRD Medan itu juga menegaskan bahwa Ahmat Arif tidak asing lagi dalam masyarakat Karo. “Karena ada keluarga Pak Ahmad Arif yang kawin dengan orang Karo. Jadi Pak Ahmad Arif ini juga sudah bagian dari masyarakat Karo,” kata Bangkit.

Pada kesempatan yang sama, tokoh masyarakat Karo, Budi D Sinulingga, menyatakan bahwa pihaknya sudah 30 tahun mengenal Maulana Pohan. “Jadi saya tahu sifat-sifatnya. Pak Maulana Pohan ini cocok jadi pemimpin,” tegasnya.

Budi D Sinulingga menilai sosok Maulana Pohan adalah figur yang jujur, pintar dan bersih. “Jadi kita bisa mengartikannya dan tahu harus bersikap dalam Pemilukada nanti, demi kebaikan Kota Medan lima tahun ke depan,” ujarnya yang berkesempatan menyerahkan “raga” dan “uis gara” kepada Maulana Pohan, sebagai bentuk doa dari masyakarat Karo.

Maulana Pohan dalam sambutannya mengatakan pemberian marga ini merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan yang paling tinggi. “Ini merupakan anugerah untuk menjadi bagian dari masyakarat Karo,” ujarnya.

Maulana juga menyatakan bahwa pemberian marga ini perupakan tanggung jawab yang besar bagi dirinya. “Sebab, masyarakat Karo tentu tak ingin pemberian marga ini hanya sebuah acara seromonial semata. Tentu perlu tindak lanjut dan berkesinambungan,” katanya.

Ia mengaku selama ini cukup banyak dan lama bergaul dengan masyarakat Karo. “Kita bangga dengan Guru Patimpus dan pejuang-pejuangan Karo lainnya, yang turut serta membangun Kota Medan dan bangsa ini,” tegasnya.

Mudah-mudahan, lanjut Maulana, harapan masyarakat Karo di masa yang akan datang dapat terealisasi dengan baik. “Dan tentu saya lebih memperhatikan masyarakat Karo yang merupakan bagian dari keluarga saya,” ujar Maulana yang saat berpidato sekali-sekali menggunakan bahasa Karo dan disambut meriah yang hadir.

Hal senada juga disampaikan calon Wakil Walikota Medan H Ahmad Arif SE MM. “Sebuah kebahagian dan kehormatan tak terhingga. Semoga kami dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Karo,” ujarnya. [adi]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: