Ansor Balik Ancam Gugat PLN

MEDAN, MANDIRI

Ancaman Dirut PT PLN Dahlan Iskan yang akan menggugat Gubsu jika tidak segera mengeluarkan izin lokasi pembangunan PLTA Asahan III tampaknya membuat “geram” Gerakan Pemuda Ansor. Ansor balik mengancam akan menggugat PLN.

“Kenapa baru sekarang PLN berkoar-koar mau menggugat Gubsu. Padahal proyek ini sudah cukup lama direncanakan. Ada apa,” tegas Ketua PW GP Ansor Sumut H Fadli Yasir SAg didampingi Sekretaris Zulkarnain SE kepada wartawan di Medan, Jumat (9/4).

Dibeberkan Fadli Yasir, kalau memang pembangunan PLTA Asahan III karena terganjal izin lokasi dari Gubernur Sumatera Utara, harusnya jauh-jauh hari PLN sudah mengajukan gugatan terhadap Gubsu ketika dijabat Rizal Nurdin dan Rudolf M Pardede.

Di sisi lain Ansor malah menilai, ancaman gugatan yang akan dilakukan oleh Dirut PLN terkesan sebagai pengalihan isu atas terjadinya krisis listrik di Sumut beberapa tahun belakangan ini. “Kita melihat rencana gugatan tersebut sebagai pengalihan isu atas ketidakmampuan PLN dalam menyuplai listrik di Sumut,” tegas Fadli.

Apalagi krisis listrik di Sumut bukan lagi jadi bahan pembicaraan di tingkat lokal melainkan sudah sampai ke tingkat nasional bahkan internasional. Fadli mencontohkan, ketika ia menunaikan ibadah Umroh ke Makkah baru-baru ini, ia sempat ditanyai salah seorang jamaah yang juga berasal dari Indonesia apakah di Sumut masih sering terjadi pemadaman.

Pengalaman serupa dialami Sekretaris PW GP Ansor Sumut Zulkarnain SE ketika menghadiri Muktamar ke 32 Nahdlatul Ulama di Makassar baru-baru ini. Ketika itu, hal pertama yang ditanyakan muktamirin (peserta muktamar) kepada Zul adalah, apakah di Sumut masih sering terjadi pemadaman listrik.

Nah, sebelum rencana Dirut PLN menggugat Gubsu tereleasisasi serta penderitaan masyarakat Sumut atas seringnya terjadi pemadaman segera berakhir, Ansor telah siap-siap mengambil ancang-ancang akan menggugat PLN.

“Gugatan terhadap PLN akan segera kita lakukan karena masyarakat Sumut sudah cukup menderita akibat terjadinya pemadaman listrik berkepanjangan di Sumatera Utara,” tegas Fadli Yasir.

Seperti diberitakan, PLN siap menggugat Gubernur Sumatera Utara jika dalam waktu 2 pekan tidak mengeluarkan izin lokasi pembangunan PLTA Asahan III.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PLN Dahlan Iskan ketika ditemui di kantor Menteri BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (8/4). “Asahan Unit 3 kalau sampai batas waktu tidak tercapai kesepakatan, maka PLN akan gugat Gubernur Sumatera Utara. Waktunya 2 minggu dari hari ini,” tegas Dahlan.

Dahlan mengatakan, PLN sudah mengajukan izin penggunaan lokasi kepada Gubernur Sumatera Utara sejak tahun 2004, namun tidak diberikan. Malahan, Gubernur memberikan izin ke pihak swasta. Padahal dalam Wakil Presiden Boediono sudah memutuskan PLN diberikan izin lokasi pembangunan PLTA Asahan Unit 3. “Sudah 12 kali kita minta zin tapi tidak dikasih, akhirnya mereka kasih izin ke swasta,” jelas Dahlan.

Dikatakan Dahlan, PLN sudah mengeluarkan dana Rp 100 miliar untuk studi riset pembangunan PLTA berkapasitas 2×90 MW ini. “Pendanaan semua sudah lengkap, kita dapat pinjaman US$ 250 juta. PLTA ini bisa beroperasi pada 2013 jika pada 2010 ini sudah dikasih izin lokasi,” tutupnya. [adi]

One Comment to “Ansor Balik Ancam Gugat PLN”

  1. Lajutkan gerakan antum wahai para pemuda nahdliyin. Tapi percepat aja pembangunannya dengan segera meminta ketua dewan penasehat tu meneken ijin, kasihan rakyat yang dah kegelapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: