PTUN Medan Hidupkan Harapan Rudolf

MEDAN, MANDIRI

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan akhirnya menerima gugatan pasangan Balon Walikota-Wakil Walikota Medan Rudolf M Pardede-Afifuddin Lubis dengan tergugat Ketua KPU Medan.

Hal ini dibacakan Hakim Tunggal PTUN Medan Simon P Sinaga di PTUN Medan, Jalan Listrik, Medan, Senin (5/4).

Simon mengatakan, setelah dilakukan koordinasi mengenai adanya Surat Edaran Mahkamah Agung dan Fatwa MA No 15/Td.TUN/III/2010, hasilnya PTUN berwenang menyidangkan gugatan Rudolf.

Untuk itu, Ketua KPU Medan harus segera melaksanakan penetapan dan putusan sela yang dibuat oleh PTUN. Jika tidak dilakukan maka akan ada konsekwensinya dan dapat dipidanakan, bila melanggar hukum yang telah diputuskan.

Demo

Sementara itu sebelum sidang berlangsung ratusan massa yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Pemilukada Kota Medan meminta PTUN Medan harus memberikan keputusan yang adil dan jangan ada intervensi dari pihak manapun. Hal itu dikatakan Kordinator Aksi, Israel Simatupang.

Menurutnya, PTUN harus memberikan sanksi tegas pada KPU Medan karena telah melanggar hasil penetapan yang telah ditetapkan oleh PTUN, agar tahapan Pemilukada ditunda. Perbuatan KPU Medan telah melanggar hukum, sebagaimana yang telah ditetapkan PTUN, katanya.

Sementara itu, Humas PTUN Sutiono mengatakan, secara yuridis apa yang dilakukan KPU Medan tidak melaksanakan penetapan PTUN akan ada konsekwensinya. Apalagi nantinya sudah tercetak surat suara, sementara PTUN telah memutuskan bahwa Rudolf bisa ikut menjadi calon Walikota Medan maka anggaran akan bertambah. Maka Rudolf dapat melapokan hal ini ke KPK karena adanya penambahan anggaran yang tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh KPU Medan, terangnya. [ali]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: