Kecamatan Tebing Syahbandar Juara Umum MTQ Sergai 2010

SERGAI, MANDIRI

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Festival Seni Nasyid (FSN) VII tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang berlangsung 1 – 3 April 2010 di kawasan perkebunan PT PD Paya Pinang Kecamatan Tebing Syahbandar, Sabtu (3/4) malam berakhir dan ditutup oleh Bupati Sergai HT Erry Nuradi.

Dari 11 cabang MTQ yang diperlombakan dan diikuti 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai, Kecamatan Tebing Syahbandar selaku tuan rumah berhasil merebut peringkat pertama dan ditetapkan sebagai juara umum sementara peringkat kedua ditempati Kecamatan Perbaungan dan Kecamatan Tanjung Beringin peringkat ketiga. Khusus untuk MTQ, kafilah dari Kecamatan Tebing Syahbandar 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2007 berhasil mendapatkan peringkat juara umum.

Sedangkan untuk FSN yang digelar bersamaan dengan MTQ, kelompok putra-putri dari Kecamatan Tebing Syahbandar juga berhasil merebut juara umum sehingga trophy bergilir Bupati Sergai untuk MTQ dan FSN VII Tahun 2010 keduanya diboyong oleh kafilah dari Kecamatan Tebing Syahbandar.

Penutupan MTQ dan FSN yang cukup semarak itu ditandai dengan pelepasan kembang api ke udara dan dihadiri tidak kurang 5.000-an pengunjung termasuk sejumlah pejabat, tokoh agama, alim ulama, tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuda, dewan hakim, dewan juri, para kafilah dan masyarakat sekitarnya.

Selain Bupati Sergai HT Erry Nuradi, para pejabat yang tampak hadir diantaranya Wakil Bupati Sergai H Soekirman, Wakil Ketua DPRD Sergai Drs H Sayuti Nur MPd beserta beberapa anggota DPRD Sergai, Sekdakab Sergai Drs H Haris Fadillah MSi, Ketua TP PKK Ny Hj Evi Diana Erry, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny Hj Imas Haris Fadillah, mewakili unsur Muspida, para pimpinan SKPD, Kepala Kantor Kementerian Agama Sergai Drs HM Hasbi MH, Manajer Kebun PT PD Paya Pinang Tebing Syahbandar Yan Bino, Manajer Kebun PT PP Lonsum Tbk Mino Lesmana dan Camat se-Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai pada kesempatan itu dalam sambutannya mengatakan, langkah konkrit yang perlu diambil umat Islam setelah pelaksanaan MTQ dan FSN adalah menciptakan semangat serta gairah mempelajari dan membaca Al Qur’an dalam rumah tangga masing-masing terutama bagi anak-anak yang masih berusia dini hingga menjelang dewasa.

Dengan menanamkan serta pengamalan nilai-nilai seni dan budaya yang Islami sebagaimana yang diajarkan menurut Al-Qur’an, maka kita termasuk anak-anak, remaja akan terbentengi dari pengaruh budaya barat yang tidak sesuai dengan norma-norma agama dan sekaligus dapat memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan anak-anak menuju generasi beriman dan bertaqwa, kata Bupati.

Seraya mengumumkan bahwa untuk lokasi kegiatan yang sama pada tahun 2011 mendatang ditetapkan di Kecamatan Pegajahan, MTQ dan FSN diharapkan Bupati HT Erry Nuradi dapat dijadikan barometer peningkatan intensitas dan kualitas hubungan vertikal kepada Allah SWT dan secara horizontal kepada sesama umat manusia serta lingkungan masing-masing.

Pada kesempatan penutupan MTQ dan FSN itu, dewan juri juga mengumumkan hasil perlombaan lainnya yaitu pawai ta’aruf, pawai kenderaan hias serta stand pameran perbaik. Untuk stand pameran yang diikuti beberapa instansi dan lembaga kemasyarakatan ditetapkan sebagai terbaik I stand TP PKK Kabupaten Sergai, terbaik II stand Dinas Pendidikan dan terbaik III stand Dinas Sosial Kabupaten Sergai.

Selain tropi bergilir Bupati Sergai untuk juara umum, kepada seluruh peserta terbaik juga diberikan trophy tetap, piagam penghargaan dan hadiah lainnya. Dalam kesempatan itu Bupati Sergai secara khusus menyerahkan penghargaan kepada Manajer Kebun PT PD Paya Pinang Tebing Syahbandar Yan Bino dan kepada pimpinan PT Bank Sumut Cabang Sei Rampah. [isp]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: