Ribuan Massa Daftarkan SAPA ke KPU Humbahas

DOLOK SANGGUL, MANDIRI

Ribuan masyarakat Humbang Hasundutan gegap gempita menyambut pendaftaran pasangan Saut Parlindungan Simamora dan Ir Parlaungan Lumbantoruan MSi ke KPU setempat, Ahad (14/3). Pasangan pengusaha dan birokrat sejati ini didaftarkan oleh gabungan partai politik PPRN, PAN dan PSI sebagai Calon Bupati dan calon Wakil Bupati Humbang Hasundutan Periode 2010-2015.

Sebelum mendaftar, pasangan yang populer dengan sebutan SAPA (Saut-Parlaungan) ini diawali dengan kebaktian singkat yang dilayani Pdt Rosininta Hutabarat MTh di kediaman SP Simamora di pintu masuk Kota Dolok Sanggul. Ribuan warga dari berbagai kecamatan mengikuti kebaktian dengan hikmat dan tertib diiringi musik tiup yang menggema dan melantunkan lagu-lagu pujian. Arus lalu lintas memasuki kota Doloksanggul terhenti beberapa saat ketika kebaktian berlangsung.

Ketika kebaktian usai SP Simamora dan Parlaungan Lumbantoruan didaulat massa berjalan kaki menuju jantung kota yang jaraknya sekitar 500 meter. Iringan ribuan massa yang semakin bertambah itu, bagai tumpah ruah memadati jalan Merdeka yang menjadi jalan protokol. Arus lalu lintas pun macet bergerak ke kantor KPU Humbang Hasundutan.

Pendaftaran pasangan SP Simamora dan Parlaungan Lumbantoruan ini disambut dengan sangat antusias oleh semua kalangan masyarakat di Humbang Hasundutan. Saat pendaftaran pasangan Maju Siregar SH MM-Drs Thomson Sihite MM di hari pertama juga dihadiri ribuan massa spontanitas karena pasangan yang diusung delapan parpol pendukung ini termasuk buat kejutan karena sejak awal tidak diduga lagi kalau Maju Siregar ikut mendaftar sebagai Balon Bupati Humbahas. Pasangan Drs Maddin Sihombing MSi-Drs Marganti Manullang mendaftar, Sabtu (13/3) yang diusung 21 parpol tersebut juga terdiri dari ribuan orang. Hanya sangat disesalkan, beberapa orang pejabat dan PNS turut dikerahkan dengan menggunakan fasilitas negara sehingga kasus ini menjadi pembicaraan hangat ditengah-tengah masyarakat Humbahas saat ini. Sedangkan pasangan Esra Sinaga-Hardis Simanullang diusung empat parpol mendaftar pada hari terakhir.

Ribuan massa SAPA bagaikan tumpah ke jalan sebegitu konvoi kendaraan roda empat,roda dua dan roda tiga (beca) bergerak perlahan menuju Desa Aek Nauli, kantor KPU. Arak-arakan ragam jenis kendaraan itu terpaksa harus bergerak perlahan menyusul ramainya warga Kota Dolok Sanggul ke sisi jalan raya yang mengelu-elukan pasangan SAPA. Tak henti-hentinya SP Simamora dan Ir Parlaungan Lumbantoruan melambaikan tangannya membalas sambutan masyarakat yang terlihat begitu antusias.

Di sepanjang jalan mulai dari Kota Dolok Sanggul menuju Desa Sirisi risi hingga Aek Nauli-Hutagurgur-Matiti dan Sihite, masyarakat berduyun-duyun mengelukan rombongan SAPA. Mereka saling meneriakkan “SAPA Menang” sambil mengacungkan jempol masing-masing. Sementara, petugas Polres Humbang Hasundutan dan puluhan anggota Satpol PP Pemkab Humbang Hasundutan yang ditugaskan mengatur lalu lintas, pantas disaluti karena telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Di Desa Hutagurgur, Aek Nauli, Matiti dan Sihite yang padat pemukiman, penduduk setempat menyambut rombongan SAPA yang melintas perlahan. Bahkan, terlihat banyak bagai histeris berteriak sambil mengacung-acungkan jempolnya ke udara. “Hidup SAPA, SAPA Menang” teriak kaum ibu yang membalut tubuhnya dengan sarung.

Proses pendaftaran pasangn ini berjalan lancar dan mulus di KPU Humbang Hasundutan. Kelima Komisioner KPU hadir saat pendaftaran itu masing-masing Kosmas Manalu, Agus SB Manullang, Tuti kirana Nababan, Manaek Sitorus dan Arnold Sinaga. “Pendaftaraan pasangan SP Simamora dan Ir Parlaungan Lumbantoruan MSi sudah sah kami terima,” kata Agus SB Manullang, Ketua Pokja Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan.

Pasangan SAPA, memiliki visi dan misi “Menjadikan Masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan Sejahtera Adil Profesional Aman. Penetapan visi dan misi ini dilandasi oleh semangat untuk mengisi pembangunan dan kesejahteraan rakyat serta adanya jaminan pendidikan dan kesehatan bagi seluruh rakyat. Sekaligus, meningkatkan perekonomian masyarakat yang salah satunya melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM), karena mudah dan murahnya modal kerja yang diperlukan. Juga mengembangkan pariwisata, menjaga kelestarian infrastruktur.

“Visi misi dan program kerja ini bisa terwujud jika rakyat Humbang Hasundutan bisa dengan cerdas memilih Kepala Daerahnya berdasarkan karakter Sejahtera, Adil, Profesional dan Aman,” kata SP Simamora diamini Ir Parlaungan Lumbantoruan MSi.

Menjadikan masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan yang Sejahtera, Adil, Profesional dan Aman (SAPA), pasangan ini memiliki misi meningkatkan perekonomian masyarakat dibidang pertanian, perkebunan, peternakan dan pertambangan. Juga meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan masyarakat, meningkatkan infrastruktur dan memanfaatkan lahan kritis dan kosong untuk tanaman holtikultura. Juga mengembangkan pariwisata dan seni budaya, menjaga kelestarian lingkungan hidup, serta menciptakan wiraswasta kecil dan menengah. [bnd]

2 Komentar to “Ribuan Massa Daftarkan SAPA ke KPU Humbahas”

  1. saya senang apabila SAPA yang jadi bupati di humbahas, dan saya kecewa bila bapak ini tidak jadi bupati,

  2. saya senang banyak pendukung dari SAPA, tapi hari hari ini SAPA begitu tak enak didengar, jadi kami dari masyarakat meminta kepada Bpk KOSMAS MANALU supaya adil ………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: