Maddin Mendaftar Diantar Pejabat

DOLOK SANGGUL, MANDIRI
Maddin Sihombing dan Marganti Manullang yang sekarang Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Sabtu (13/3) didaftarkan beberapa partai politik ke KPU daerah itu di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung. Keduanya didaftarkan sebagai bakal Calon Bupati dan calon Wakil Bupati Humbang Hasundutan periode 2010-2015. Sementara, menurut rencana pilkada di Humbang Hasundutan akan digelar 9 Juni mendatang.
Partai politik yang mendaftarkan pasangan ini ada 21. Diantaranya Partai Demokrat, PDI Perjuangan, PPRN dan beberapa parpol kecil lainnya. Sedang PNI Marhaenisme, Partai Buruh dan PKPB yang sebelumnya sudah mendaftarkan Madju Siregar dan Thomson Sihite, juga mendaftarkan pasangan Maddin dan Marganti. Sejauh ini, KPU Humbang Hasundutan tidak mempersoalkannya.
Pendaftaran Maddin-Marganti, dilakukan dengan mengerahkan massa yang didatangkan dari beberapa desa yang ada di daerah itu. Puluhan kendaraan roda empat digunakan untuk mengangkat massa, termasuk kendaraan roda empat milik Pemkab Humbang Hasundutan. Pantauan wartawan kendaraan roda empat milik Pemkab terlebih dahulu ditukar nomor tanda plat kendaraannya. Termasuk Marganti terlihat menggunakan mobil dinas Wakil Bupati Humbang Hasundutan yang sebelumnya plat kendaraannya ditukar.
Oknum-oknum pejabat Humbang Hasundutan juga terlihat hadir mengurusi pendaftaran Maddin-Marganti. Diantaranya Kepala BKD Toni Sihombing, Asisten Pemerintahan Onggung Silaban dan Asisten Ekonomi Humutur Siagian. Selain Kakan Satpol Pamong Praja Mangupar Manullang yang terlihat super sibuk di sekitar Kantor KPU Daerah Humbang Hasundutan, Toni Sihombing yang sekarang menduduki jabatan eselon II itu, malah terlihat sibuk sekali sampai-sampai ikut turut mengatur arus lalu lintas.
“Aneh pejabat setinggi dia ikut mengatur lalu lintas,” kata St Barmen Sihite, warga Matiti. Warga Dolok Sanggul banyak yang mencibir gaya dan cara Maddin-Marganti yang didaftarkan parpol itu. Ketika iring-iringan kendaraan melintas membelah jantung Kota Dolok Sanggul, warga sempat melongok dari rumah masing-masing. Tapi segera warga memberi komentar miring, setelah Maddin-Marganti disebut akan didaftarkan beberapa parpol.
“Maddin-Marganti gagal memimpin Humbang Hasundutan hampir lima tahun ini. Kenapa ya, dicalonkan dan didaftarkan parpol lagi,” kata Amser Purba, warga Kelurahan Dolok Sanggul.
Mendaftarnya Maddin dengan diantar banyak pejabat, juga dicela dan dikecam Gulson Purba SP, seorang putra Baktiraja yang tinggal di Siantar. Menurut dia, PNS apalagi pejabat harus bersikap netral dalam arti tidak melibatkan diri dengan soal daftar mendaftar Calon Kepala Daerah. Termasuk kata Gulson, penggunaan kendaraan milik pemkab, yang dinilai sebagai pelecehan asset rakyat.
Lecehkan Golkar
Sementara itu, Partai Golkar yang merekomendasikan pasangan Maddin-Marganti ternyata tidak digunakan Maddin-Marganti sebagai kendaraan politiknya. Maddin malah tidak peduli pada rekomendasi Partai Golkar, dan sikap ini dinilai para pengamat sebagai pelecehan terhadap partai yang mengantar Maddin sebagai Bupati 5 tahun lalu.
Para pengamat juga menilai aneh, sebab Maddin-Marganti sekaligus didaftarkan Partai Demokrat dan PDI Perjuangan, yang secara nasional berbeda platform. Boleh jadi baik Ketua Umum PDI Perjuangan dan Ketua Umum Partai Demokrat sama-sama tidak mengetahui bahwa partainya mengajukan orang yang sama.
“Kalau mereka tahu, manalah mungkin PD dan PDI Perjuangan mengajukan calon yang sama,” ujar Drs Ulamatuah Saragih MHum alumnus Fisipol USU.
Ulamatuah Saragih menilai, pendaftaran pasangan Maddin-Marganti oleh beberapa parpol yang tidak akur secara nasional sangat tidak masuk diakal. Apalagi, kata pemerhati dan pengamat politik senior ini, PD dan PDI Perjuangan di pusat saling berseberangan.
Sebagai partai besar menurut Ulamatuah, Partai Golkar wajar sakit hati karena telah dilecehkan Maddin. “Direkomendasikan Partai Golkar tapi tak digunakan Maddin, merupakan pelecehan bahkan penghinaan,” kata Ulamatuah. [bnd]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: