KPU Medan Batalkan Pencalonan Rudolf

MEDAN, MANDIRI
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan membatalkan pencalonan Rudolf M Pardede dan Afifuddin Lubis serta Denni Ilham Panggabean dan Dianto MS sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Medan Periode 2010-2015.
“Dari 12 pasang yang mendaftar ke KPU Medan, dua bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Medan, yakni pasangan Denni Ilham Panggabean-Dianto MS, dan Rudolf M Pardede-Afifuddin dibatalkan atau dicoret sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota karena tidak memenuhi persyaratan sebagai calon,” kata Ketua KPU Medan Evi Novida Ginting kepada wartawan, usai rapat pleno penetapan pasangan calon di kantornya, Jalan Kejaksaan, Medan, Jumat (12/3).
Rudolf, kata Evi yang didampingi Anggota KPU Medan lainnya, Rahmat Kartolo Simanjuntak dan Pandapotan Tamba, dibatalkan karena masalah pendidikan SMA-nya (ijazah). Sedangkan Denni Ilham dibatalkan terkait soal dukungan partainya.
“Berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan Sukabumi, surat keterangan pengganti ijazah yang dimiliki Rudolf tidak bisa disamakan dengan ijazah. Karenanya kita membatalkan Rudolf sebagai calon Walikota Medan,” ujarnya.
Untuk persoalan ijazah Rudolf, disebutkan Evi pihaknya terlebih dahulu melakukan verifikasi langsung ke sekolah tempat Rudolf memperoleh keterangan pengganti ijazah. “Dan hasilnya, Rudolf tidak bisa memenuhi persyaratan itu,” jelasnya.
Dikatakan Evi, semua keputusan untuk penetapan calon pasangan Walikota Medan merupakan kewenangan KPU Medan. Sedangkan keberadaan KPU Sumut maupun KPU Pusat, hanyalah supervisi. “Jadi ini murni keputusan KPU Medan dan kita siap menerima semua resiko dari putusan yang tidak melanggar ketentuan sebagaimana peraturan yang menjadi wewenang KPU Medan,” ujarnya.
Sebelumnya, bakal Calon Walikota Medan Rudolf M Pardede tidak mampu menunjukkan Surat Keterangan Asli Kepala SMU Kristen BPK Penabur Sukabumi sesuai permintaan KPU Kota Medan.
Rudolf berdalih, surat yang diminta KPU Medan itu telah diserahkan ke Mendagri sebagai lampiran berkas kelengkapan pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut Periode 2003-2008.
Hal itu itu disampaikan Rudolf dalam surat penjelasan yang dikirimkannya ke KPU Medan, Kamis (11/3), membalas Surat KPU Medan Nomor: 270/823/III/KPU-MDN/2010 tertanggal 9 Maret 2010, perihal klarifikasi surat keterangan.
KPU Medan dalam suratnya meminta Rudolf menunjukkan Surat Keterangan Asli serta membawa dokumen pendukung Surat Keterangan seperti fotokopi Buku Induk Siswa, Kliper, dan Daftar Nilai dari SMU Kristen BPK Penabur ke KPU Medan, dan permintaan tersebut harus dipenuhi Rudolf paling lambat tanggal 11 Maret 2010.
Atas permintaan klarifikasi KPU Medan itu, Rudolf menjelaskan, berkas asli Surat Keterangan Kepala SMU Kristen BPK Penabur Nomor: 094/102.8/SMUKSI/PD/IV/2003 tanggal 26 April 2003, dan Surat Keterangan Kepala SMU Kristen BPK Penabur Sukabumi Nomor: 099/102.8/SMUKSI/PD/V/2003 tanggal 2 Mei 2003, telah diserahkan ke Mendagri sebagai lampiran berkas kelengkapan pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut Periode 2003-2008.
Berkenaan dengan permintaan KPU Medan berupa dokumen pendukung surat keterangan, seperti fotokopi buku induk siswa, kliper, daftar nilai dari SMU Kristen BPK Penabur Sukabumi, ternyata berkas itu sudah tidak ada lagi karena sudah diserahkan ke Mendagri.
Dengan dibatalkannya bakal calon Walikota-Wakil Walikota Medan Rudolf-Afifuddin dan Denni-Dianto, dijadwalkan, hari ini Sabtu (13/3), KPU Kota Medan menetapkan 10 pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Medan yang akan bertarung pada Pemilukada Medan 12 Mei mendatang.
Sementara itu Koordinator Gerakan Masyarakat Peduli Pilkada Damai (GMPPD) Tunggul Charles Butar-butar yang dihubungi melalui telepon menuding keputusan KPU Medan membatalkan pencalonan Rudolf M Pardede-Afifuddin Lubis telah menciderai demokrasi. [adi]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: