Andar-Badjora, Putra Daerah Yang Tinggal di Daerah

TAPSEL, MANDIRI
Keberadaan pasangan Andar Amin Harahap SSTP MSi-Dr Badjora M Siregar DSB dinilai membawa angin segar kepada putra daerah yang tinggal di daerah untuk menjadi pemimpin di daerahnya.
Sesuai berita acara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan Nomor 12 tahun 2010 dan Nomor 13 Tahun 2010 tanggal 4 Maret 2010 menetapkan 6 pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan dan nomor urut pasangan calon.
“Sudah saatnya Kabupaten Tapanuli Selatan ini dipimpin putra daerah yang tinggal di daerah,” ujar Tokoh Masyarakat Arse Sutan Maruli Ritonga kepada wartawan di Padang Sidimpuan, Kamis (11/3).
Dikatakannya, dalam hukum ekonomi, pola “import” sangat merugikan sendi-sendi perekonomian rakyat, apalagi jika “produk” itu sudah terdapat di daerah. “Memang harus diakui, ada terdapat beberapa putra daerah yang maju sebagai calon Bupati maupun calon Wakil Bupati dalam Pilkada Tapsel 2010, tetapi hanya pasangan Andar-Badjora yang merupakan putra daerah yang tinggal di daerah, selebihnya putra daerah yang berada di Tapsel karena tugas maupun karena mencalon sebagai Bupati-Wakil Bupati Tapsel bahkan ada juga yang bukan putra daerah Tapsel,” ungkap Ritonga.
Sementara menanggapi pasangan Andar-Badjora yang diusung Partai Bintang Repormasi, Partai Demokrasi Pembaharuan, PDI Perjuangan, Pelopor, PDK, Partai Matahari Bangsa dan PKDI sebagai kontestan Pilkada Tapsel memperoleh nomor urut 3, Ritonga berpendapat angka 3 tersebut merupakan angka anugrah yang melambangkan Dalihan Na Tolu (mora, kahanggi dan anak boru) yang sangat kental dalam adat istiadat Tapsel.
Dalam pemerintahan, angka 3 melambangkan system pemerintahan yang baik yang dikenal dengan Trias Politika yaitu Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Sehingga keberadaan pasangan Andar-Badjora dengan nomor urut 3 memiliki tujuan menciptakan pemeritahan daerah yang beradat dan Ber-AdaB serta terjalinnya kerjasama yang baik antara eksekutif, legislatif dan yudikatif sehingga tercipta pemerintahan yang berpihak kepada rakyat menuju makmur dan sejahtera.
Sesuai data yang diperoleh wartawan, calon Bupati Andar Amin Harahap SSTP MSi adalah Putra Bupati Padang Lawas Utara Drs Bachrum Harahap. Lahir di Padang Sidimpuan 9 Februari 1982, menimbah ilmu di SD Negeri 26 Padang Sidimpuan, SMP Negeri 4 Padang Sidimpuan dan SMA Negeri 2 Padang Sidimpuan, melanjutkan kuliahnya di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dan MAPD-STPDN (S2).
Bertempat tinggal di Jalan Kenanga No 48 Padang Sidimpuan dan menjadi abdi negara di Pemkab Padang Lawas Utara sebagai Kasubbag Protokol Bagian Umum Setdakab.
Sementara, Calon Wakil Bupati Dr Badjora M Siregar DSB dikenal sebagai dokter ahli bedah yang lahir di Padang Sidimpuan, 25 November 1939, memiliki pengalaman organisasi yang cukup banyak seperti HMI Fakultas Kedokteran UI, KONI Tapsel, PESITAS, PERCASI dan saat ini Ketua DPC PBR Kabupaten Tapanuli Selatan.
Pengalaman kerjanya juga terbilang sangat banyak, mulai dari Pengurus Darma Bakti Pendidikan, Ketua Yayasan Perguruan Rakyat, Rektor UGN Padang Sidimpuan, Ketua Harian YPI Nurul Ilmi, Dosen Tidak Tetap FK UISU Medan dan FK Yarsi Jakarta, pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan dan bertempat tinggal di Jalan Kenanga No 8 Padang Sidimpuan. [str]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: