Bupati Sergai Terima Penghargaan Ketahanan Pangan Dari Gubsu

SEI RAMPAH, MANDIRI

Dua tahun berturut-turut setelah tahun 2008, Bupati Serdang Bedagai HT Erry Nuradi pada tahun 2009 kembali ditetapkan sebagai peringkat pertama penerima penghargaan ketahanan pangan tingkat provinsi Sumatera Utara untuk kategori aparat kelembagaan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota.

PENGHARGAAN KETAPANG 2009. Bupati Sergai HT Erry Nuradi dan Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan photo bersama dengan Wagubsu H Gatot Pudjonugroho ST usai menerima penghargaan Ketahanan Pangan (Ketapang) tingkat Provinsi Sumut tahun 2009 kategori aparat kelembagaan Pemkab/Pemko pada acara puncak Hari Pangan Sedunia XXIX di halaman kantor Badan Ketahanan Pangan Sumut Pangkalan Masyhur Medan, Kamis (3/12). (foto: mandiri/ist)

Pemberian penghargaan ketahanan pangan itu ditetapkan berdasarkan keputusan Gubsu Nomor: 501/4031/K/tahun 2009 tanggal 5 Oktober 2009 dan diserahkan oleh Wagubsu H Gatot Pudjonugroho ST kepada Bupati Sergai HT Erry Nuradi pada acara puncak peringatan Hari Pangan Sedunia XXIX dan Pekan Pasar Petani VII Tahun 2009 di halaman Kantor Badan Ketahanan Pangan Sumut Pangkalan Masyhur, Medan, Kamis (3/12).

Kabag Humasy Pemkab Sergai Drs Rachmad Karo-Karo usai menghadiri acara peringatan HPS itu kepada wartawan di Sei Rampah, Kamis sore (3/12) mengatakan bahwa dua Bupati di Provinsi Sumatera Utara yang ditetapkan Gubsu mendapatkan penghargaan ketahanan pangan tahun 2009 untuk kategori aparat kelembagaan Pemkab/Pemko yaitu Bupati Sergai Ir HT Erry Nuradi MBA MSi sebagai peringkat pertama dan Bupati Tapanuli Selatan Ir H Ongku P Hasibuan MM sebagai peringkat kedua.

Selain kepada kedua Bupati di Sumatera Utara itu menurut Rachmad Karo-Karo, pada acara yang juga dihadiri sejumlah Bupati/Walikota, Wakil Bupati, unsur Muspida Sumut, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumut Ny Hj Gatot Pudjonugroho, para anggota DPRD Sumut termasuk Ny Hj Evi Diana Erry Nuradi, para Kepala SKPD Pemprovsu, Wagubsu juga menyerahkan penghargaan ketahanan pangan serta berbagai bantuan lainnya kepada kelompok tani maupun kelompok masyarakat Sumatera Utara.

Kelompok tani dan masyarakat yang mendapatkan penghargaan ketahanan pangan tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2009 menurut Rachmad Karo-Karo, diantaranya adalah kelompok Lumbung Pangan Cahaya Baru dari Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai sebagai peringkat pertama untuk kategori kelompok masyarakat yang berhasil dalam pengembangan cadangan pangan. Kemudian menyusul Gapoktan Agro Prima Kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru, Kota Padang Sidempuan sebagai peringkat II dan kelompok tani Dalihan Natolu dari Desa Wonosari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang sebagai peringkat III.

Pada acara yang juga didukung dengan pameran hasil olahan pangan non beras dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumatera Utara maupun dari Pemprovsu, lembaga swasta dan perhotelan itu, Wagubsu juga berkesempatan menyerahkan berbagai bantuan kepada para kelompok tani dan masyarakat Sumatera Utara.

Bantuan yang diserahkan itu diantaranya bantuan penguatan modal usaha sebesar Rp280 juta dari Badan Ketahanan Pangan Sumut kepada 14 kelompok tani daerah agropolitan di 7 Kabupaten/Kota yang secara simbolis diterima oleh Saparida dari kelompok tani Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai.

Kemudian bantuan benih padi Ciherang bersertifikat sebanyak 1 ton dari Badan Pengembangan Teknologi Pertanian Sumut kepada 5 Kabupaten/Kota termasuk kepada kelompok tani Harapan dari Kecamatan Teluk Mengkudu Sergai, dan bantuan bibit kakao dari Dinas Perkebunan Sumut untuk 2 kelompok tani Sukajadi Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Sergai dan kelompok tani dari Kabupaten Langkat masing-masing mendapat 1.000 batang bibit kakao, kata Rachmad Karo-Karo.

Bupati Sergai HT Erry Nuradi melalui Kabag Humasy-nya Drs Rachmad Karo-Karo mengatakan bahwa penghargaan ketahanan pangan yang diberikan kepada Bupati HT Erry Nuradi selama dua tahun berturut-turut setelah yang pertama tahun 2008 lalu merupakan keberhasilan bersama bagi seluruh petani di Kabupaten Sergai dalam meningkatan ketahanan pangan di daerah ini.

Atas pemberian penghargaan itu baik untuk kategori aparat kelembagaan maupun kategori kelompok tani dan masyarakat, Bupati HT Erry Nuradi atasnama warga masyarakat khususnya para petani di Sergai menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Gubsu serta jajaran Pemprovsu yang telah memberi kepercayaan dan apresiasi kepada Kabupaten Sergai.

Keberhasilan dan kerja keras yang sudah diwujudnyatakan warga masyarakat dan seluruh petani dalam mempertahankan tingkat swasembada pangan di Kabupaten Sergai selama ini, Bupati HT Erry Nuradi berharap dapat dilanjutkan terus dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang, ujar Rachmad Karo-Karo. [isp]

One Comment to “Bupati Sergai Terima Penghargaan Ketahanan Pangan Dari Gubsu”

  1. selamat ya bapak2, semoga ini murni penghargaan,bukan yang diurus,emang benar ya dapet penghargaaaaaaaaaaaaannnnnnnnn trussssssssssss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: