Memacu Pembangunan Dunia Pendidikan, Konsep Cerdas Harus Terus Dilanjutkan

LUBUK PAKAM, MANDIRI

Keberhasilan Bupati Deli Serdang Drs H Amri Tambunan menerima penghargaan tertinggi Satya Lencana Pembangunan Bidang Pendidikan yang dianugerahkan Presiden RI DR H Susilo Bambang Yudhoyono pada peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ke 64 di Jakarta merupakan bukti dari kerja keras yang dilakukan selama ini untuk memajukan dunia pendidikan. Karenanya, konsep Cerdas (percepatan rehabilitasi dan apresiasi terhadap sekolah) yang digulirkan pada November 2005 harus terus dilanjutkan.

Hal itu dikemukakan sejumlah tokoh masyarakat diantaranya Ketua Forkala Deli Serdang Drs H Erwin NP, Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Pendidikan Kecamatan (GMPPK) Percut Sei Tuan Rahmadsyah, Ketua Pengusaha Peduli Pendidikan Kecamatan Sunggal Datuk Selamat Fery, Raya Marpaung serta Syahrul Yunan alias Ayun yang ditanya wartawan secara terpisah, Rabu (2/12).

Menurut mereka, upaya dan terobosan yang dilakukan Bupati Amri Tambunan dalam memacu pembangunan dunia pendidikan melalui konsep Cerdas dengan melibatkan tiga pilar kekuatan (partisipasi masyarakat, partisipasi sektor swasta dan dukungan pemerintah) harus terus digalakkan.

Diharapkan Pemkab Deli Serdang dibawah duet kepemimpinan Drs H Amri Tambunan dan Zainuddin Mars SSos untuk terus melanjutkan pembangunan pendidikan melalui konsep Cerdas yang telah mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat.

Kalau konsep Cerdas tahap pertama telah sukses dituntaskan dengan merehablitasi ratusan gedung sekolah yang tidak layak pakai menjadi layak pakai, kini saatnya kita harus masuk ke tahap berikutnya sesuai tujuan konsep Cerdas memberikan apresiasi terhadap sekolah. “Tak ada gunanya infrastruktur sekolah bagus, kalau apresiasi terhadap sekolah tidak ada,” kata sejumlah tokoh masyarakat itu.

Menurut Erwin NP, bila seluruh pelaku dunia pendidikan yang dikoordinir Kadis Dikpora Drs Sofyan Marpaung MPd begitu juga elemen masyarakat mampu memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap sekolah kita optimis obsesi besar menjadikan Deli Serdang sebagai kabupaten pendidikan akan dapat terwujud. Karenanya mari kita saling bahu-membahu memajukan dunia pendidikan Deli Serdang untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Buah kerja keras yang dilakukan selama ini dalam memacu pembangunan dunia pendidikan dengan menerima Satya Lencana Pembangunan Bidang Pendidikan harus dipandang sebagai tantangan untuk lebih memacu pembangunan pendidikan, kata mantan camat teladan se Sumut itu.

Sementara itu, Ketua Pengusaha Peduli Pendidikan Kecamatan Sunggal Datuk Selamat Fery yang sejak digulirkannya konsep Cerdas berperan aktif merehabilitasi gedung-gedung sekolah khususnya di Sunggal mengharapkan agar Bupati Amri Tambunan jangan ragu-ragu melanjutkan konsep Cerdas. Kerja keras yang dilakukan selama ini dalam memacu pembangunan dunia pendidikan telah terbukti dan dirasakan masyarakat Deli Serdang.

Secara terpisah, Ketua GMPPK Percut Sei Tuan Rahmadsyah yang juga anggota DPRD Deli Serdang dan Sayhrul Yunan juga mengharapkan agar konsep Cerdas terus dilanjutkan. Kita tak cukup hanya membangun infra struktur yang baik, namun kualitas dunia pendidikan di Deli Serdang harus terus dibenahi. Kualitas pelaku-pelaku dunia pendidikan harus terus dibenahi dan ditingkatkan begitu juga partisipasi dari seluruh elemen masyarakat sehingga akhirnya tumbuh rasa memiliki (sains is belonging red) terhadap dunia pendidikan. [smt]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: