Kajari Balige Akui Pengaspalan Jalan di Tobasa Asal Jadi

BALIGE, MANDIRI

Pengaspalan jalan oleh Dinas PU Tobasa TA 2009, yang tersebar di seluruh Kecamatan Toba Samosir, menelan dana miliaran rupiah sumber dana APBN (Stimulus) hampir seluruhnya terkesan asal jadi.

Demikian dikatakan Kajari Balige Timbul Pasaribu SH di ruangannya, Senin (30/11) ketika dimintai tanggapannya terkait pemberitaan di salah satu harian terbitan Medan di halaman satu pada Senin (30/11) lalu.

“Ya, memang benar itu kami juga sudah turun langsung ke lapangan baru-baru ini, khusus untuk memperhatikan pekerjaan proyek yang dilaksanakan tahun ini, setelah kami pantau pekerjaan proyek Dinas PU hampir semua dikerjakan asal jadi,” ujar Timbul Pasaribu, sembari mengatakan terkhusus yang sumber dananya dari APBN (Dana Stimulus).

Dikatakannya, pihak Kejaksaan telah meminta keterangan dari salah satu pejabat PU Tobasa. Pihak PU menjelaskan bahwa hal itu akan diperbaiki, hingga batas akhir dead line jatuh pada tanggal 9 Desember 2009.

“Jadi kita berikan kesempatan bagi mereka untuk memperbaiki, hingga batas dead line yang ditentukan. Kami pun belum bisa bertindak terlalu jauh sesuai dengan tupoksi kami, tapi jika telah selesai batas dead linenya, maka kami pun dengan tegas akan memprosesnya, dan ini sudah prioritas utama,” tegas Timbul.

Sebagaimana diberitakan, pengaspalan jalan dengan hotmix jurusan Balige-Sianipar dan jurusan Balige-Tarabunga Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir TA 2009 dana dari APBN terkesan asal jadi. Sepertinya tidak sesuai dengan bestek yang ditentukan, pasalnya belum sebulan selesai dikerjakan kondisi sudah amburadul. Ketebalan hotmix kurang dari 5 cm, hal ini sesuai dengan investigasi dan laporan masyarakat yang peduli dengan pembangunan.

Sianipar, warga Sianipar kepada Mandiri, Rabu (18/11) mengatakan, bahwa pengaspalan dengan hotmix jurusan Balige-Sianipar sepanjang kurang lebih 800 meter, berbiaya Rp796.100.000 yang dikerjakan oleh CV Safres Tatha tersebut terkesan asal jadi, dikatakan warga dikerjakan pada musim hujan.

“On ma parkarejoan ni Dinas PU on, asal ma adong sonanggo boha dope nga sar-sar. Ketebalan aspal na pe paling 3 cm I, kualitas aspal nai pe dang denggan kemungkinan tolu bulan on nga hancur on (inilah pekerjaan Dinas PU, asal jadi belum apa-apa sudah hancur. Ketebalan aspalnya paling 3 cm, kualitas aspalnya pun tidak bagus diperkirakan dalam tiga bulan ini bakalan hancur),” katanya sembari menunjuk arah jalan yang kupak-kapik.

Sementara pengaspalan hotmix jurusan Balige-Tarabunga, panjang proyek kurang lebih 1,5 km yang menelan biaya Rp990.500.000 yang dikerjakan oleh CV Douglas Mandiri ini keadaannya tidak jauh beda.

Amatan wartawan di dua lokasi, kondisi jalan di beberapa titik sudah terkelupas, ironisnya terlihat sebagian pengaspalan sepertinya ditempel atau disisipi. Ketebalan hotmix lebih kurang 3 cm, diyakini tidak sesuai dengan bestek, sehingga jalannya bergelombang, keriting dan berporo-pori besar.

Kepala Seksi Jalan dan jembatan Dinas PU Tobasa Ir Gumianto Simangunsong ketika dikonfirmasi, Kamis (19/11) di ruangannya mengatakan, bahwa pekerjaan pengaspalan hotmix jurusan Balige-Sianipar tersebut akan diperbaiki. “Itu akan dibongkar dan sudah disuruh diperbaiki minggu depan, kami pun tidak terima bila seperti itu pekerjaannnya,” tandasnya.

Kadis PU Ir Saoaloon Silitonga ketika dikonfirmasi melalui SMS, Minggu (29/11) mengenai pekerjaan pengaspalan hotmix jurusan Balige-Tarabunga, mengatakan bahwa hal itu akan diperbaiki. “Maulitae abang, itu akan diperbaiki,” kata isi SMS Soaloon Silitonga. Namun Soaloon tak mau menjawab lagi ketika diminta kapan waktu untuk diperbaiki. [ars]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: