Dokter RS Bhayangkara: Chandra Panggabean Sehat

MEDAN, MANDIRI

Lokasi penahanan Ketua Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap) Chandra Panggabean resmi dipindahkan dari Rutan Tanjung Gusta Medan ke Rutan Mapolda Sumut, Selasa (1/12) dinihari.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Amrizal Tahar SH yang menangani kasus Chandra kepada wartawan, Selasa (1/12) mengatakan, Ketua Panitia Pembentukan Protap dibawa ke Mapolda Sumut, sekitar pukul 02.00 WIB dinihari.

Sebelum dibawa ke Mapolda Sumut, Chandra menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara di Mako Satuan Brimob.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, tim dokter RS Bhayangkara Polda Sumut pada Senin (30/11) malam sekitar pukul 23.00 WIB menyatakan Ketua Panitia Pembentukan Protap itu sehat.

Kemudian pihaknya yang mendapatkan pengawalan ketat dari personel Poltabes Medan membawa Chandra Selasa dinihari sekitar pukul 02.00 WIB ke Mapolda Sumut sesuai dengan penetapan majelis hakim.

“Sekitar pukul 04.00 WIB baru kami meninggalkan Polda Sumut,” katanya.

Seperti diketahui, sebelumnya majelis hakim PN Medan yang diketuai Kusnoto, SH menetapkan lokasi penahanan Chandra Panggabean ke rutan Polda Sumut karena Ketua Panitia Pembentukan Protap itu dinilai tidak kooperatif dalam menghadiri persidangan.

Selain itu, majelis hakim juga menganggap pihak Rutan Tanjung Gusta Medan tidak mampu untuk mengeluarkan Ketua Panitia Pembentukan Protap tersebut dari ruang tahanan guna menghadiri persidangan di PN Medan.

Diawasi Ekstra Ketat

Sementara itu Chandra Panggabean diawasi ekstra ketat di rumah tahanan Direktorat Reskrim Polda Sumut, pasca dititipkan oleh pihak Pengadilan Negeri Medan. Bahkan, untuk dapat senantiasa mengawasi gerak-gerik pentolan Protap semasa dalam tahanan, Polda Sumut juga memasang kamera CCTV.

“Khusus dia (Chandra Panggabean) kita pasang CCTV. Kita juga mengawasinya ekstra ketat,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Drs Baharudin Djafar kepada wartawan, Selasa (1/12).

Menurut Baharudin, Chandra dititipkan di sel tahanan Reskrim Polda Sumut, karena berdasarkan keterangan dokter, kondisinya tidak sakit. “Kalau memang betul sakit, sudah pastilah dibantarkan,” jelasnya.

Diterangkannya, istri Roslinda Boru Marpaung yang juga anggota DPRD Sumut tersebut ditahan di Mapolda Sumut atas permintaan pihak pengadilan. Polda Sumut hanya menyediakan tempat hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Menjawab wartawan, Baharudin mengatakan, tidak ada keistimewaan untuk ruang tahanan Chandra. Putra dari GM Panggabean tersebut dijebloskan ke sel layaknya tahanan kasus pidana dan digabungkan dengan penjahat lainnya.

“Tidak ada yang diistimewakan semua sama. Dia dimasukkan ke sel sama dengan tahanan lainnya,” terang mantan Kapolres Dairi tersebut.

Sebelumnya, Chandra mengeluh sakit dan sempat pingsan dalam persidangan yang digelar di PN Medan. Dia juga sempat mengeluarkan isi perutnya (muntah) saat dalam persidangan yang dipangku oleh istrinya.

Dia dibawa paksa petugas dari rutan Tanjung Gusta ke PN Medan, karena berulang kali tidak menghadiri persidangannya. Sikap tegas petugas membuat pihak keluarga Chandra tidak terima.

Dibezuk

Sekira pukul 14.30 WIB, istri Chandra, Roslinda Boru Marpaung mendatangi gedung Direktorat Reskrim Polda Sumut. Boru Marpaung yang mengenakan baju dan rok hijau muda itu mengaku hendak membezuk suaminya. “Saya bezuk suami saya,” ujar perempuan berambut pirang itu.

Namun sepertinya, saat membezuk pria yang telah menikahinya itu, Roslinda tidak membawa barang/makanan khusus yang akan diberikan kepada suaminya itu. Dia hanya membawa tas jinjing.

Menjawab wartawan, Roslinda menegaskan, suaminya memang dalam keadaan sakit, namun sesuai keterangan dokter tidak perlu dilakukan rawat inap. Sebab itu, dia rela suaminya diinapkan di sel Mapolda Sumut.

“Sesuai diagnosa dokter, suami saya memang sakit, tapi tidak perlu dirawat inap karena tidak demam tinggi,” kata sambil memasuki gedung Direktorat Reskrim Polda Sumut, tempat suaminya ditahan. [jam]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: