Muspida Plus Sumut: Sariani Pengelola Sah Yayasan UISU

MEDAN, MANDIRI

Dualisme kepemimpinan di Yayasan Universitas Sumatera Utara (UISU) yang sudah berlangsung beberapa tahun, akhirnya terselesaikan. Hal itu terlihat dari hasil rapat akhir Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Plus Sumut di Kantor Gubernur di Medan, Rabu (25/11) yang memutuskan kubu Hj Sariani AS sebagai pengelola yayasan UISU yang sah dan kubu Helmi Cs diminta dapat lebih bersabar dan ikhlas.

“Sesuai Surat Menteri Pendidikan Nasional Nomor 131/MPN/DT/2009 tanggal 11 September 2009 tentang Penyelesaian Masalah Yayasan UISU, maka Muspida Plus Sumut bersama Kopertis Wilayah I Aceh-Sumut mendukung sepenuhnya kepemimpinan Ketua Pembina Yayasan UISU Hj Sariani AS dengan Ketua Umum Yayasan Prof DR Usman Pelly MA dan Rektor UISU H Usman SE MSi,” kata Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Aceh-Sumut Prof Zainuddin.

Zainuddin didampingi Gubsu Syamsul Arifin, Wagubsu Gatot Pujo Nugroho, Kapolda Sumut Irjen Pol Badrodin Haiti, Pangdam I BB Mayjen TNI Burhanuddin Amin dan Ketua DPRD Sumut, H Saleh Bangun menegaskan, Muspida Plus mendukung pengelolaan Yayasan UISU sepenuhnya kepada Hj Sariani AS, Prof DR Usman Pelly MA dan Rektor UISU H Usman SE MSi. Pengelolaan dimaksud untuk semua kampus di Jalan Sisingamangaraja Medan dan kampus di lokasi lainnya menjadi satu, yakni UISU.

Soal mahasiswa, dosen, dan pegawai, Zainuddin menjelaskan akan diatur lebih lanjut di bawah kepemimpinan yayasan yang sah. “Ini dilakukan agar tidak ada pihak yang dirugikan. Karena proses belajar-mengajar harus tetap kondusif dan data mahasiswa dapat diterima tim ekspert dari Dirjen Dikti Diknas,” ujarnya.

Rapat yang juga dihadiri Helmi Nasution bersama Chairul Mursin itu juga memutuskan, pengesahan Hj Sariani sebagai pengelolaan Yayasan UISU yang sah, mulai berlaku sejak Rabu (25/11). “Berlakunya mulai hari ini sejak Muspida Plus Sumut bersama Kopertis Wilayah I Aceh-Sumut memberikan dukungan atas Surat Mendiknas. Namun begitu, tetap saja prosesnya dilakukan bertahap, sehingga pengalihan bisa meminimalisir keributan,” tukasnya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Badrodin Haiti menjelaskan, proses pengambilalihan tidak bisa secara otomatis langsung dilakukan setelah Muspida Plus bersama Kopertis memberikan dukungan atas surat Mendiknas.

“Tentu akan ada hal-hal yang dilakukan yayasan yang sah. Misalnya bagaimana mereka melakukan pendekatan kepada mahasiswa, pihak security, serta para dosen, dan pegawai. Karena itu, setelah semuanya berkomitmen, baru kemudian dilakukan pengambilalihan. Dan ini semua berjalan sebagaimana mestinya agar tidak menimbulkan gejolak baru. Sebab, kalau dibiarkan posisi sekarang, yang rugi pasti mahasiswa, dosen, dan pegawai terkait proses akademis yang tidak akan diakui Depdiknas,” kata Kapoldasu.

Sedangkan Gubsu H Syamsul Arifin menegaskan, Muspida Plus Sumut pasti akan menindaklanjuti dan mengawal kesuksesan implementasi surat Mendiknas.

“Pemprov Sumut pada prinsipnya mendukung upaya yang dilakukan Kopertis Wilayah I Aceh-Sumut. Secara teknis nanti akan diselesaikan oleh Kopertis. Pemerintah daerah hanya mengamankan apa yang menjadi putusan pemerintah pusat,” kata Syamsul.

Selain itu Gubsu mengatakan, proses belajar-mengajar di UISU harus tetap kondusif selama masa “peralihan kekuasaan” di perguruan tinggi swasta tertua di Sumut itu. Semua pihak diminta menahan diri dan mendukung keputusan tersebut.

“Ketentuan ini berlaku mulai hari ini dengan proses yang bertahap paling lama dua bulan. Semua pihak harus ikhlas dan tidak boleh ribut-ribut lagi. Kita akan mengawasinya dengan ketat, di mana dosen dan mahasiswa tidak boleh dirugikan,” tegasnya. [adi]

2 Komentar to “Muspida Plus Sumut: Sariani Pengelola Sah Yayasan UISU”

  1. Helmy sucikan hati jangan kebanyakan dipengaruhi oleh harta dunia, jubahkan sebagai contoh kebersihan jiwamu

  2. bagaimana…….. status alumni uisu yang da d sm raja…..
    apakah ijazah kami………. sah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: