DPRD Medan Protes Kebijakan USU

MEDAN, MANDIRI

Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan mengecam kebijakan manajemen Universitas Sumatera Utara (USU) yang mengultimatum tidak akan menerima lulusan SMA sederajat melalui jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) tahun ajaran 2010 dari 26 kabupaten/kota di Sumut hanya karena tidak kerjasama dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Kita sangat menyayangkan pernyataan Rektor USU Chairuddin P Lubis menyebut tidak menerima murid berprestasi di Sumut lewat jalur PMP hanya karena USU tidak dipercaya memeriksa hasil ujian CPNS. Ini kita tidak setuju, masyarakat yang tidak tahu menahu jadi korban,” tegas Ketua Komisi B DPRD Medan Irwanto Tampubolon kepada wartawan di Medan, Selasa (24/11).

Dikatakan, tentang dimana soal ujian CPNS diperiksa itu mutlak kebijakan pemerintah dan bukan wewenang masyarakat. “Lantas kenapa masyarakat jadi korban. Murid berprestasi kok dihukum,” papar Irwanto.

Politisi PPRN ini meyakinkan, masyarakat setuju hasil ujian yang murni dan tidak mempersoalkan dimana diperiksa. “Dalam hal ini kita minta USU jangan ‘menghukum’ murid berprestasi di Sumut,” jelas Irwanto.

Ditambahkan, USU tidak bisa membeda-bedakan karena semua berhak mendapat pendidikan yang layak. “Apapun alasannya USU tak bisa membuat kebijakan tersebut,” kata Irwanto.

Hal senada disampaikan Anggota Komisi B Bahrumsyah dan Roma Simaremare. Menurut politisi PAN dan PDIP ini, kebijakan Rektor USU Chairuddin Lubis dinilai emosional.

“Soal ketidakpercayaan pemerintah terhadap USU memeriksa soal ujian CPNS tidak ada korelasinya dengan pembatasan penerimaan calon mahasiswa lewat jalur PMP,” ujar Bahrumsyah.

Dijelaskan Bahrumsyah, jangan karena Pemko tidak mempercayaai USU lantas masyarakat jadi korban. “Kebijakan USU ini kita tidak sepakat. Kita minta jalur PMP tetap diberlakukan seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sedangkan Roma Simaremare mendesak agar pihak USU membatalkan kebijakannya tersebut. Tindakan tersebut dinilai mematikan dunia pendidikan di Sumut. “Jangan USU membuat kebijakan yang menyakiti masyarakat. Apalagi masalah pendidikan menyangkut masa depan,” papar Roma. [adi]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: