Chandra Panggabean Depresi Berat

MEDAN, MANDIRI

Lagi untuk keempat kalinya, Jaksa Penuntut Umum tidak berhasil menghadirkan terdakwa Chandra Panggabean untuk duduk di kursi pesakitan sidang PN Medan, Senin (23/11), sehingga sidang lanjutan kasus demo anarkis pendukung demo menuntut Provinsi Tapanuli (Protap) ditunda kembali sampai tanggal yang tidak dapat ditentukan.

Pasalnya, majelis hakim menerima surat keterangan sakit dari Ka Rutan Tanjung Gusta Medan No No.W2.E11.PS.01.03/124/2009 tertanggal 23 November 2009 atas nama Chandra Panggabean dan Juhal Siahaan.

Hal ini terungkap dalam sidang yang digelar hanya beberapa menit saja dengan majelis hakim diketuai Kusnoto SH.

Dalam surat keterangan sakit yang diperlihatkan hakim Kusnoto SH kepada wartawan, disebutkan sesuai rujukan dari surat keterangan dr Vera Marpaung SpKJ terdakwa Chandra Panggabean mengalami depresi berat (gangguan mental kejiwaan) dan dirawat di RS Boloni, Jalan Mongonsidi, Medan.

Begitu juga terdakwa Juhal Siahaan menderita penyakit yang sama dan dirawat di RS Baloni tersebut.

Berdasarkan surat rekomendasi dari Tim Medis Rumah Sakit Boloni yang menyatakan bahwa terdakwa mengalami depresi berat yang ditanda tangani dr Vera Marpaung SpKJ ini, Kepala Rutan Tanjung Gusta Medan menerbitkan surat keterangan sakit yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum kepada majelis hakim pada sidang hari itu.

Sebagai tindak lanjut surat keterangan sakit tersebut, majelis hakim membantar penahanan terdakwa Chandra Panggabean untuk keperluan perawatan di rumah sakit.

“Karena terdakwa sakit, kita membuat penetapan pembantaran kepada terdakwa Chandra Panggabean sampai dia sembuh dari penyakit yang dideritanya,” kata hakim Kusnoto SH.

Ketika ditanyakan tentang masa tahanan yang hampir habis, hakim Kusnoto mengatakan bahwa pembantaran tidak mempengaruhi masa tahanan, karena selama terdakwa dibantar guna perawatan, tidak termasuk hitungan masa tahanan.

“Apabila terdakwa sudah dinyatakan sembuh, Jaksa Penuntut Umum harus memasukkan kembali ke Rutan, dan sidang dapat kembali digelar untuk melanjutkan pemeriksaan terhadap terdakwa,” jelas hakim Kusnoto SH. [mad]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: