Rajali, Dari Camat Menjadi Kepala Biro

MEDAN, MANDIRI

Jarang-jarang ada pejabat seberuntung yang satu ini. Bayangkan, tahun lalu ia masih Camat, tapi sekarang tiba-tiba menjadi pejabat teras di Kantor Gubernur. Hebat kan!

Siapakah pejabat yang maha beruntung itu? Dialah Rajali SSos (foto) yang kini dipercaya menjadi Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara. Tahun 2008 lalu, Rajali masih menjabat Camat Selesai, Kabupaten Langkat.

Karir pejabat yang konon memiliki rumah mewah di Jalan Sidorukun, Medan, ini memang terkesan melesat bak meteor. Saking melesatnya, banyak orang bertanya-tanya rahasia sukses Rajali sehingga mampu menduduki jabatan “basah” di Pemprovsu.

Kalau bicara soal pengalaman, tentu masih banyak pejabat yang lebih kaya pengalaman di Pemprovsu untuk menduduki jabatan Kepala Biro Umum. Bahkan banyak pegawai Kantor Gubernur yang sudah “karatan” plus memiliki pengalaman segunung namun tak kunjung mendapat jabatan.

Belum lagi bicara soal pangkat. Rajali sewaktu dilantik masih golongan IVa. Sementara di Biro Umum ketika itu terdapat dua orang Kabag yang golongannya sudah IVb. Keduanya adalah Kabag Arsip Dra Farida dan Kabag TU Keuangan Mahmud Sagala (saat ini telah pindah ke Kabupaten Labuhan Batu Utara).

Meski hanya bekas Camat dan pangkatnya pun masih IVa, Rajali seolah tak terbendung untuk bertengger di jantung Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara. Buktinya, Rajali saat ini dipercaya menjadi Kabiro Umum menggantikan Nurdin Pane. Mungkin itulah namanya retak tangan.

Isu yang beredar, Rajali awalnya tidak “mengincar” jabatan Kepala Biro Umum. Sewaktu pindah dari Langkat ke Pemprovsu, Rajali menjadi staf biasa di Dinas Perhubungan. Disebut-sebut, target Rajali ketika itu hanya menjadi Sekretaris Dishub.

Nah, seiring berputarnya waktu, Rajali tidak dilantik menjadi Sekretaris Dishub Sumut yang notabene pejabat eselon III, malah diangkat menjadi pejabat eselon II yakni Kepala Biro Umum Setdaprovsu.

Meski telah sukses menjadi Kepala Biro, dewi fortuna tampaknya tak pernah lengah menaungi Rajali. Buktinya, baru beberapa bulan menjabat Kepala Biro, Rajali langsung mendapat mobil dinas baru jenis Honda CRV. Harganya, tak sampailah setengah miliar.

Meski bukan diplot sebagai mobil dinas Kepala Biro, tapi kalau Rajali menggunakannya juga tidak masalah. “CRV itu mobil pool. Tapi kalau Kepala Bironya sesekali menggunakannya, ya nggak apa-apa,” ujar Kepala Biro Perlengkapan dan Pengelolaan Aset Drs H Bondaharo Siregar.

Selamat, Bang Rajali! [adi]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: