Penyetopan Pembangunan Gedung DPRD Sumut Sebatas Surat

MEDAN, MANDIRI

Penyetopan pembangunan gedung DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Medan, oleh pihak Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan tampaknya sebatas surat peringatan. Pasalnya, aktifitas pembangunan terus berlangsung.

“Kalau begini kondisinya, ini namanya penyetopan sebatas surat. Sebab kenyataan di lapangan, para pekerja tetap bekerja seperti biasa,” ujar Presiden Gerakan Aku Geram dan Anti Koruptor (GAGAK) Safrizal El Batubara di Medan, Rabu (18/11).

Mestinya, imbuh pegiat anti korupsi ini, setiap kebijakan yang sudah diambil harus diawasi realisasinya di lapangan. Pengawasan sangat penting supaya kebijakan tidak hanya sebatas di atas kertas sementara di lapangan sama sekali tidak terealisasi.

“Dinas TRTB Medan harus menindaklanjuti surat perintah penyetopan di lapangan. Itu pun kalau tidak mau disebut penyetopan penghentian pembangunan gedung DPRD Sumut hanya sebatas surat,” tegas Safrizal.

Diberitakan sebelumnya, Dinas TRTB Medan menyetop pembangunan gedung DPRD Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol, Medan, karena tidak dilengkapi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Suratnya dikirim semalam atau hari ini. Yang jelas saya sudah menandatangani suratnya,” ujar Kabid Pengendalian dan Penataan Ruang Dinas TRTB Medan Thamrin ST melalui telepon, Selasa (17/11).

Thamrin menjelaskan, surat perintah penyetopan pembangunan terpaksa dilayangkan karena hingga saat ini gedung yang dibangun persis di antara gedung DPRD Sumut dan DPRD Medan itu belum memiliki IMB.

Akibat tidak diurusnya IMB gedung yang rencananya untuk wakil rakyat itu, Pemko Medan merasa sangat dirugikan dari sisi pendapatan asli daerah (PAD). “Retribusi yang seharusnya dibayar sekitar Rp400 juta lebih,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD (Sekwan) Sumut Ridwan Bustan yang dikonfirmasi secara terpisah membantah pembangunan gedung DPRD Sumut berbiaya Rp171 miliar lebih itu tidak dilengkapi IMB.

“Siapa bilang tak ada IMB-nya. IMB-nya sudah diurus dan biaya administrasinya (retribusi) Rp382 juta,” ujar Sekwan dengan nada tinggi.

Ketika disampaikan yang mengatakan adalah Kabid Pengendalian dan Penataan Ruang Dinas TRTB Medan, Sekwan tetap bersikukuh pembangunan gedung DPRD Sumut telah dilengkapi IMB. [adi]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: