Ketua DPRD Sibolga Tuding Mutasi Camat & Lurah Sarat Kepentingan Politis

SIBOLGA, MANDIRI

Persaingan menjelang pilkada tampaknya mulai merembes pada kebijakan mutasi jabatan di lingkungan Pemko Sibolga. Ketua DPRD Kota Sibolga Syahlul Umur Situmeang menuding mutasi Lurah dan Camat yang dilakukan Walikota Sibolga Drs Sahat Pinorsinta Panggabean sarat kepentingan politis.

“Entah apa yang ada di benak Walikota Sibolga Sahat Panggabean sekarang ini. Apakah karena pembisik, ataukah karena tuntutan tugas sesuai dengan yang ada di peraturan kepegawaian, itu yang belum jelas diketahui,” kata Syahlul, Selasa (17/11) melalui telepon.

Dijelaskan Syahlul, mutasi jabatan eselon III dan IV yang dilakukan Walikota Sibolga Sahat Panggabean telah mengangkangi PP Nomor 19 Tahun 2008.

“Kalau melihat rekam jejak Camat yang baru diangkat itu memperlihatkan adanya kesan dipaksakan. Padahal masih banyak yang memiliki kompetensi maupun pengalaman jabatan. Tetapi tim Baperjakat justru mengangkat sosok yang tidak memiliki kompetensi serta pengalamannya sangat pas-pasan,” sebut Syahlul.

Menurut Syahlul, jauh hari sebelum mutasi para Camat dan Lurah, Sahat sudah membentuk “sistim baru” dalam kepemimpinannya. Konon kabinet baru yang dibentuk tersebut adalah di jajaran Camat, Kabag, dan Lurah, dengan orang-orang yang disukai Walikota Sibolga.

“Hal ini tentu menimbulkan tanda tanya besar, apa dasar penilaiannya untuk melakukan mutasi Camat dan Lurah seiring akan dilaksanakannya Pilkada Sibolga,” tutur dia. Diungkapkan Syahlul, semestinya mutasi dapat ditunda dulu, kalaupun mau dilakukan seusai Pilkada, mengingat kondisi Kota Sibolga yang selama ini cukup kondusif, dikhawatirkan akan menjadi tidak kondusif akibat adanya “pemaksaan kehendak” dan sarat kepentingan politis.

“Alasan untuk mengganti Camat, Lurah, Kabag, hingga kini belum dapat diketahui secara pasti, apakah karena kinerjanya, ataupun karena korupsi, ataukah karena tidak cocok dengan atasan, ataukah karena adanya pesanan politik, atau pesanan para pembisik atau apa namanya, semuanya masih samar-samar,” terangnya.

Syahlul mensinyalir mutasi yang dilakukan Walikota Sibolga Sahat Panggabean berkaitan dengan menguatnya salah satu kandidat Balon Walikota yang mendapat dukungan luas dari kalangan masyarakat. Selain itu pula disinyalir mutasi ini juga untuk menguatkan posisi menantunya yang turut bertarung menjadi orang nomor 2 pada Pilkada 2010 mendatang. [sgl]

One Comment to “Ketua DPRD Sibolga Tuding Mutasi Camat & Lurah Sarat Kepentingan Politis”

  1. jangan dprd mengurusi urusan eksekutif yang tdk ada kaitan dengan tugas dprd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: