Hubungan Sumut dan Pulau Pinang Diperkokoh

MEDAN, MANDIRI

Yang Di-Pertua Negeri Pulau Pinang, Tuan Yang Terutama (TYT) Tun Dato’ Seri Utama Dr Haji Abdul Rahman Bin Haji Abbas mengemukakan pihaknya berkomitmen memperkokoh hubungan kerjasama saling menguntungkan berbagai bidang dengan Provinsi Sumut dilandasi semangat persaudaraan serumpun.

Komitmen ini ditegaskan Tun Dato’ Seri Utama dihadapan Gubsu Dato’ Seri H Syamsul Arifin SE gelar Datuk Lilawangsa Sri Hidayatullah dan sejumlah pejabat teras Sumut pada acara jamuan makan malam di Aula Martabe Kantor Gubsu, Minggu (15/11) malam.

Jamuan resmi ini serangkaian kunjungan Yang Di-Pertua Negeri Pulau Pinang beserta isteri Yang Amat Berbahagia (YABhg) Toh Puan Dato’ Seri Utama Hajjah Majimor Binti Syarif ke Sumut menyusul pada 11 Juli 2009 lalu atas nama Kerajaan Negeri Pulau Pinang beliau menganugerahkan Darjah Kebesaran Gemilang Pangkuan Negeri (DGPN) kepada Gubsu H Syamsul Arifin sehingga berhak menyandang Gelar Dato’ Seri dan Ny Hj Fatimah Habibi diberi gelar Datin Seri.

Pada pertemuan ini terungkap masyarakat Sumut terbuka menerima warga Malaysia. Tun Dato’ Seri Utama mengemukakan rencana kunjungan ke Sumut ternyata memberi kesan yang luar biasa baginya. “Saya bangga setiba di Medan disambut adat istiadat,” ujarnya.

Tun Dato’ Seri Utama mengemukakan pertemuan ini cukup penting untuk lebih mengukuhkan hubungan serumpun antara Malaysia khususnya Pulau Pinang dengan Sumut yang sudah terbina sangat baik selama ini.

“Bagi saya Medan tidak asing bahkan acap kali saya berkunjung ke Istana Maimun. Saya sesungguhnya berdarah Asahan dan Ibu saya dari suku Jawa. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak merekatkan hubungan serumpun. Asal usul kedua negara kita sangat bersejarah bahkan orang Mandailing banyak di Kuala Lumpur. Saya pertama kali datang ke Medan tahun 1979,” ujarnya.

Pada kesempatan ini dengan nada puitis Tun Dato’ Seri Utama menggambarkan pentingnya membina persaudaraan ini. “Apabila persahabatan sudah telah memuncak dengan kasih dan sayang, kata-kata itu tak perlu lagi,” ungkap Tun Dato Seri Utama mengakhiri sambutannya dan dia mengajak masyarakat Sumut dan Pulau Pinang menjaga persahabatan.

Acara ini diakhiri dengan tukar menukar cendramata. Hadir Ketua DPRD Sumut Saleh Bangun, Walikota Medan H Rahudman Harahap dan mewakili Muspida Sumut.

Di akhir pertemuan antar para rombongan Yang di-Pertua Negeri Pulau Pinang saling menyanyikan lagu.

Ternyata para Dato’ Seri dan Dato’ yang hadir banyak yang dapat menyanyikan lagu-lagu Indonesia yang menurut mereka sudah sangat akrab di hati warga Malaysia seperti Lagu Jangan Ada Dusta yang dipopulerkan Broery, sedangkan Gubsu menyanyikan lagu dangdut dan saat Tari Poco-poco banyak rombongan yang mahir menarikannya.

“Itulah ternyata hubungan yang sangat dekat membuat lagu-lagu Indonesia tidak asing bagi warga Malaysia,” ujar mereka.

Sebelumnya Gubsu Dato’ Seri H Syamsul Arifin SE mengemukakan kunjungan ini sangat strategis sebagaimana isyarat yang disampaikan Tun Dato’ Seri Utama bahwa Provinsi Sumut dan Kerajaan Negeri Pulau Pinang merupakan kekuatan besar yang memiliki potensi luar biasa Asia dalam berbagai aspek percaturan antar bangsa di manacanegara, apabila masing-masing pihak lebih berkomitmen meningkatkan hubungan kekerabatan secara lebih harmonis, produktif dan sinerjitas.

“Kita optimis komitmen Kerajaan Negeri Pulau Pinang untuk lebih menjayakan hubungan kerjasama dan persaudaraan cukup besar,” ujar Gubsu seraya mengakui sudah lama mengikuti komitmen Yang Di-Pertua Negeri Pulau Pinang.

“Saya amat kagum atas keikhlasan dan kesederhanaannya dalam memimpin. Beliau berjiwa rakyat dan selalu ambil berat tentang perkayakan rakyat. Semua ini adalah sikap yang sekarang rakyat mau,” ujar Gubsu seraya mengisyaratkan Insya Allah dari kunjungan ini akan lebih mempererat kekerabatan dan peraudaraan Sumut dan Pulau Pinang di masa mendatang.

Gubsu mengemukakan kita semua sependapat bahwa kekompakan dan hubungan mesra mutlak diperlukan karena kekuatan suatu bangsa bukan hanya ditentukan oleh banyaknya jumlah masyarakatnya dan luas kawasannya tetapi kekuatan suatu bangsa terletak pada kekompakan, persatuan dan kesatuan serta komitmen bersama di antara semua warga.

Oleh karena itu, lanjutnya, kunjungan ini memberi spirit bahwa kerjasama ini perlu terus kita bina, kita pelihara dan kita tingkatkan dari waktu ke waktu sehingga apa yang menjadi agenda dan harapan kita bersama dapat terwujud dengan sebaik-baiknya. [oga]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: