Dirut RSU Kabanjahe Ditahan

MEDAN, MANDIRI

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara akhirnya menahan Dirut RSU Kabanjahe dr SG, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan F br B, dan salah seorang rekanan P Htg, Senin (16/11) sore. Sebelum dilakukan penahanan, ketiganya terlebih dahulu menjalani pemeriksaan dari pukul 10.00-15.30 WIB.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sumatera Utara Erbindo Saragih SH yang dihubungi melalui telepon menjelaskan, penahanan ketiganya terkait dugaan korupsi pengadaan Alat-alat Kesehatan (Alkes) IGD RSU Kabanjahe TA 2008 senilai Rp1,4 M.

Dimana dari hasil penyidikan ketiga tersangka diduga terlibat mark-up dalam pembelian alat-alat kesehatan untuk IGD di RSU Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo.

“Yang kita dapat, harga pokok satuan alkes tidak disurvei di lapangan, dan pemenang tender atas nama Hutagalung sudah ditunjuk sebelum adanya pengumuman tender,” jelas Erbindo.

Dalam kasus ini, Kejatisu menengarai adanya dugaan penyimpangan yang dilakukan oknum tertentu, diantaranya mark-up 11 item harga alkes, melakukan space produk yang berlainan dalam pembelian alkes.

Termasuk diantaranya space produk yang dibutuhkan dibeli dari Inggris, tapi malah dibeli dari Itali, hingga terjadi selisih harga. Menurut Erbindo Saragih tidak tertutup kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus tersebut karena kini pihaknya masih terus melakukan penyidikan kasus korupsi yang dipimpin Hendri Silitonga SH dan Sahara Siregar SH tersebut.

Sedangkan mengenai jumlah kerugian negara, pihak Kejatisu masih menunggu audit BPKP Sumut. [ali]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: