KPU Medan Perpanjang Pendaftaran Panwas Kecamatan

MEDAN, MANDIRI

Hingga penutupan pendaftaran di KPU Medan, Sabtu (14/11) pukul 17.00 WIB, calon Panwas Kota hanya 40 orang dan Panwas Kecamatan sebanyak 133 orang. Hal itu disampaikan Anggota KPU Medan Pandapotan Tamba dalam surat elektroniknya yang diterima Mandiri, Minggu (15/11).

Sementara menurut Pasal 94 ayat (2) UU 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu, calon Panwas Kab/Kota untuk Pemilukada diusulkan oleh KPU Kab/Kota kepada Bawaslu sebanyak 6 orang untuk selanjutnya dipilih 3 orang sebagai Panwas Kab/Kota setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan dan ditetapkan dengan keputusan Bawaslu.

Demikian juga untuk Panwas Kecamatan, harus 6 orang x 21 kecamatan. Sementara berdasarkan data yang mendaftar, kekurangan masih terdapat di 10 kecamatan karena belum memenuhi minimal 6 orang yang akan diajukan nantinya ke Panwas Kota yang telah dibentuk Bawaslu.

“Oleh karena itu kita akan perpanjang pendaftaran untuk calon Panwas Kecamatan hingga Selasa (17/11). Perpanjangan ini dilakukan agar tidak menyalahi UU 22/2007,” ujar Tamba yang juga Pokja Panwas.

Hal ini juga sesuai hasil pertemuan KPU Kab/Kota dengan KPU Pusat dan Bawaslu ketika acara Mahkamah Konstitusi di Jakarta, dimana KPU Kab/Kota tetap sebagai merekrut panwas dan setelah itu akan diajukan ke Bawaslu setelah melewati seleksi administrasi dan ujian tertulis.

Khusus ujian tertulis, soal akan diberikan KPU Pusat sehingga objektivitas KPU Medan dapat berjalan dengan baik. Hal ini disampaikan Ketua KPU Medan Evi Novida Ginting bersama Pandapotan Tamba di sela-sela menghadiri acara Temu Wicara Mahkamah Konstitusi dengan KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota tentang penyelesaian perselisihan hasil Pemilukada 2010 di Jakarta.

Terkait usulan KPU Medan kepada MK masalah kartu pemilih dan coblos untuk dirubah dengan cara centang/contreng dan diganti dengan surat undangan memilih tidak dapat diterima karena yang berhak untuk legal standing terhadap perubahan UU adalah KPU Pusat sebagai hirarki KPU Medan, sehingga coblos dan kartu pemilih masih diberlakukan di Pemilukada Medan. [adi]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: