Sungai Ular Tempat Bersejarah Yang Terus Dikenang

PERBAUNGAN, MANDIRI

Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), tepatnya di bantaran Sungai Ular yang diapit dua jembatan yaitu jembatan kendaraan umum dan jembatan kereta api adalah salah satu tempat bersejarah yang terus dikenang, karena di lokasi ini pada era penjajahan dahulu telah terjadi pertempuran antara pejuang bangsa Indonesia dengan penjajah Belanda.

Untuk tetap mengenang kejadian bersejarah itu, jajaran pemerintahan dan masyarakat termasuk tokoh pejuang kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahun melaksanakan acara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2009 di lokasi ini.

Demikian pula halnya dengan Hari Pahlawan 10 November 2009, jajaran pemerintahan baik sipil, TNI, Polri, para pejuang kemerdekaan/veteran, pemuda dan masyarakat Sergai melaksanakan peringatan hari bersejarah itu di bantaran Sungai Ular dengan inspektur upacara Bupati Sergai HT Erry Nuradi dan komandan upacara Danramil 11/Tanjung Beringin Kapten Inf Ramlan.

Upacara yang ditandai dengan penaburan bunga ke Sungai Ular tersebut turut dihadiri Ketua Sementara DPRD Sergai H Azmi Yuli Sitorus SH, Wakil Bupati Sergai H Soekirman, Kapolres Sergai AKBP Drs Eri Safari, Kasdim 0204/DS Mayor Inf Budi Kurniawan, Sekdakab Sergai Drs H Haris Fadillah MSi, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Evi Diana, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny Hj Imas Haris Fadillah, mewakili Unsur Muspida, sejumlah anggota DPRD, para kepala SKPD, Camat, seratusan tokoh pejuang/veteran, unsur pemuda, dan tokoh masyarakat Sergai.

Menteri Sosial Dr Salim Segaf Al Jufri dalam sambutan tertulisnya dibacakan Bupati Sergai mengatakan peristiwa 10 November 1945 di Surabaya patut dikenang karena pada pertempuran ketika itu segenap komponen bangsa bersatu padu melawan penjajah kolonial Belanda yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di bumi Indonesia.

Meskipun dihadapkan pada persenjataan kaum penjajah yang serba lengkap dan modern, tetapi rakyat tidak gentar menghadapinya. Dengan berbekal semangat pantang menyerah dan percaya akan kemampuan diri sendiri, rakyat maju berperang mempertaruhkan nyawa demi kedaulatan bangsa dan negara.

Semangat heroik yang dikobarkan para pejuang negara Indonesia tersebut menurut Mensos hendaknya dapat diteladani, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari guna mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan bangsa.

Sementara itu Bupati Sergai usai acara pokok peringatan Hari Pahlawan itu secara khusus mengatakan dipilihnya bantaran Sungai Ular menjadi tempat peringatan Hari Pahlawan 10 November setiap tahunnya, karena di lokasi inilah pada era penjajahan dahulu telah terjadi pertempuran yang cukup sengit antara pejuang kemerdekaan Indonesia dengan penjajahan Belanda dan bahkan cukup banyak menelan korban jiwa.

Untuk mengenang peristiwa dan jasa-jasa para pahlawan pejuang kita, maka jajaran Pemkab Sergai bersama-sama masyarakat termasuk para pejuang yang masih hidup saat ini serta para pemuda generasi penerus bangsa melaksanakan peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Sergai di bantaran Sungai Ular, ujar Erry Nuradi.

Berbeda dengan tahun-tahun lalu, peringatan Hari Pahlawan 10 November 2009 Kabupaten Sergai ditandai pula dengan pembacaan puisi pahlawan serta penyerahan tali asih kepada para pejuang/veteran yang dilaksanakan di tugu Palagan di samping Kantor Camat Perbaungan.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Sergai didampingi Wabup dan unsur Muspida melihat diorama perjuangan rakyat Indonesia tahun 1947 yang terlukis di tugu Palagan Perbaungan. Diorama perjuangan itu dijelaskan langsung oleh salah seorang putra Veteran RI dan juga sebagai Ketua DPC Pemuda Panca Marga Sergai Lian Lubis.

Napak Tilas

Sementara itu dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Senin (9/11) nalam hingga Selasa (10/11) pagi, ratusan pemuda Sergai dari berbagai OKP melaksanakan lomba napak tilas mulai dari Kecamatan Teluk Mengkudu dan finish di Sungai Ular Kecamatan Perbaungan.

Napak tilas yang diikuti 30 regu itu dilepas Wabup H. Soekirman dan turut dihadiri Kasdim 0204/DS Mayor Inf Budi Kurniawan, Wakapolres Sergai Kompol Kasdel Situmorang, anggota DPRD Sergai dan pengurus KNPI Sergai. [isp]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: