Markus di Kejatisu Bakal Ditendang

MEDAN, MANDIRI

Dalam rangka pemberantasan makelar kasus (Markus) di jajaran Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), pihak kejaksaan akan bertindak tegas.

Hal ini disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Sutiyono SH kepada wartawan usai memimpin serah terima jabatan Asisten Pengawasan (Aswas) Kejatisu dari pejabat lama John W Purba SH kepada Hilpert Purba SH di Lantai III Gedung Kejatisu, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (10/11).

Dikatakannya, jika ada oknum jaksa yang mengiming-imingi dapat memperingan masa hukuman dalam kasus tindak pidana kriminal maupun korupsi, maka jaksa tersebut akan segera ditindak. Bila perlu segera dilaporkan kepada Bagian Pengawasan Kejatisu.

Untuk itulah, ujarnya, pihaknya akan melakukan pengamanan di dalam lingkungan kejaksaan sebagai upaya meningkatkan pengamanan. “Andaikan ada orang yang mengajak negosiasi kasus yang sedang ditangani, maka akan langsung ditendang,” ujarnya.

Sutiyono juga mengingatkan seluruh jaksa dan pegawai jaksa yang bertugas di jajaran kejaksaan se-Sumatera Utara untuk tidak melayani tawar menawar perkara.

43 Jaksa Nakal

Kajatisu Sutiyono juga mengatakan, Bagian Pengawasan Kejatisu telah menindak 43 oknum jaksa dan pegawai jaksa yang bertugas di jajaran Kejatisu pada tahun 2009.

“43 jaksa dan pegawai jaksa ini terbukti melakukan tindakan indispliner pada saat menjalankan tugas. Dengan demikian untuk Sumatera Utara jaksa yang bermasalah tersebut sebanyak delapan persen dari jumlah nasional yang mencapai 600 jaksa yang ditindak oleh Bagian Pengawasan,” kata Sutiyono.

Supaya jangan kena sanksi, Sutiyono selalu berpesan kepada jajarannya untuk memproses hukum yang ditangani secara profesional dan sesuai prosedur.

“Bagi oknum-oknum yang nakal pasti akan kita tindak, jika dari hasil pemeriksaan oknum tersebut bermasalah dan tetap mengulangi perbuatannya melanggar hukum maka kita pihak pimpinan kejaksaan langsung melakukan pemecatan,” tegas Kajatisu. [ali]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: