Dituduh Kutip Uang Pelicin, Mahasiswa Demo Satpol PP

KISARAN, MANDIRI

Puluhan aktivis Mahasiswa Peduli Stabilitas Pembangunan Asahan melakukan unjuk rasa ke Kantor Bupati Asahan, Kamis (5/11). Mereka meminta agar Badan Pemeriksaan Keuangan, Kejari, Polres dan Inspektorat sesegera mungkin melakukan pemeriksaan dan pemanggilan terhadap Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Asahan Buwono Prawana SIP karena diduga melakukan korupsi.

Tuntutan itu dibacakan M Isa Anshori dalam orasi di halaman Kantor Bupati Asahan. Dalam lembar pernyataan sikap yang dibagi-bagikan pengunjukrasa disebutkan, indikasi KKN itu ada dalam penerimaan pegawai kontrak di Satuan Pol PP. Besar kutipan disebut berkisar antara Rp3-4 juta per orang.

“Tapi hingga kini pekerjaan yang dijanjikan tidak juga didapat, sementara uang yang telah disetorkan tak juga dikembalikan dengan alasan yang tak jelas. Saat ditanyakan kepada yang mengutip, dia berkilah dengan menyatakan hal itu adalah arahan dari Kepala,” demikian bunyi statemen itu.

Diungkap pula adanya dugaan korupsi dalam hal pengadaan alat tulis kantor di kantor tersebut, yang menurut mereka selama ini tidak pernah ditenderkan, dan diduga pemenangnya sudah diarahkan alias seperti semuanya sudah diatur saja.

Begitu juga tentang kegiatan yang ada di kantor tersebut, disebut tidak trealisasi dalam setiap anggaran yang diajukan yakni pada TA 2007 dan 2008.

Pada bagian lain pernyataannya, mereka juga mempersoalkan penyitaan minuman keras hasil razia yang digelar Satpol PP tahun 2007, 2008 dan 2009. “Puluhan ribu botol minuman keras hasil razia yang diamankan, namun seharusnya sitaan itu dijadikan barang bukti dalam persidangan, kemudian dimusnahkan. Semua tidak jelas keberadaannya,” ujar pengunjukrasa.

Mereka mengatakan, saat acara pemusnahan itu, beberapa orang sempat mencicipi isi botol minuman itu, namun mereka menyebut isinya hanya air mineral.

Berdasar dugaan itu, mereka meminta Bupati Asahan untuk mengganti Kepala Kantor Satuan Polisi pamong Praja Asahan Buwono Prawana SIP.

Selain itu, mereka juga meminta pihak penegak hukum untuk mengusut tuntas persoalan itu.

Setelah beberapa saat berotasi, lalu mereka meninggalkan Kantor Bupati dan menuju ke Kantor Satpol PP di Terminal Madya Kisaran.

Di sana mereka juga melakukan aksi dan orasi yang sama. Berikutnya mereka mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Kisaran.

Kepala Kantor Satpol PP Asahan Buwono Prawara SIP tidak berada di kantornya saat para pewarta ingin melakukan konfirmasi.

“Beliau sedang mengikuti pendidikan di Medan,” ujar beberapa anggota Satpol PP yang minta jati dirinya dirahasiakan. [irw]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: