Tunjangan Guru di Taput Belum Cair

TAPUT, MANDIRI

Pencairan dana Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) PNS di Tapanuli Utara, dinilai pilih kasih. TTP untuk PNS di sejumlah instansi di Taput sudah dicairkan, tetapi TTP bulan November 2009 untuk guru belum dicairkan oleh pihak Dinas Pendidikan.

Dana TTP tersebut Rp100 ribu/bulan/guru dengan jumlah guru di Taput sebanyak 5.000 guru. Biasanya dana TTP dicairkan bersamaan dengan gaji rutin. Atas keterlambatan pencairan dana TTP tersebut, guru di Taput mengaku kecewa.

“Kami sangat kecewa dalam kinerja pihak Dinas Pendidikan Tapanuli Utara, sebab sampai saat ini kemai belum terima Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) untuk bulan November 2009, padahal biasanya dana tersebut kami terima sebesar Rp100 ribu/guru. Untuk golongan III dan V dipotong PPh sebesar 15%, untuk golongan I, II tidak ada potongan PPh. Pencairan dana tersebuat biasanya bersaman dengan gaji rutin,” ujar beberapa guru di Taput.

Saat ditanya berapa jumlah guru PNS di Taput, mereka menjelaskan kurang lebih 5.000 guru. Untuk itu mereka sangat membutuhkan perhatian Bupati Torang Lumbantobing, agar tetap memperhatikan kesejahteraan guru guna meningkatkan pelayanan pendidikan.

Di tempat terpisah, beberapa para kepala sekolah, saat dihubungi wartawan, Selasa (3/11) seputar dana TTP, awalnya para kepala sekolah tersebut mengaku sudah menerima dana TTP. Tapi saat ditanya kenapa para guru belum menerima dana TTP bulan November, kepala sekolah akhirnya mengakui belum menerima dana tersebut. “Apabila kami mengakui dana tersebut belum dicairkan, kami takut kepada atasan,” ujar mereka.

Sementara itu, sejumlah PNS di Kantor Bupati Tapanuli Utara mengakui pada Senin (2/11) sudah menerima dana TTP bersamaan pada saat menerima gaji rutin.

Salah seorang anggota Bendahara Dinas Pendidikan Taput kepada wartawan mengatakan bahwa TTP para guru untuk bulan November sudah dicairkan oleh bendahara. Saat ditanya kapan dicairkan dan berapa jumlah guru di Taput, dia tidak dapat menjelaskan. “Tanyakan saja kepada Sekretaris,” ujarnya.

Sementara Kabid Keuangan Dinas Pengelola Aset dan Kekayaan Daerah (Dipenloka) Taput Rudolf Manalu menjelaskan, pencairan dana TTP untuk bulan November 2009 belum diusulkan oleh pihak Dinas Pendidikan karena sampai saat ini belum ada Surat Permohonan (SP) dari Dinas Pendidikan. Kemungkinan dalam waktu dekat ini dana TTP untuk para guru di Taput akan dicairkan, ujar Rudolf.

Kepala Dinas Pendidikan Taput Mariani Br Simorangkir saat dihubungi wartawan melalui telepon dan juga SMS seputar belum dibuatnya SP pengajuan pencairan dana TTP ke Dipenloka, Kepala Dinas menjawab sudah. Saat ditanya kapan dibuat SP pengajuan pencairannya ke Dipenloka, Kepala Dinas tidak menjawab lagi. [frh]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: