Proyek Lanjutan Pembangunan Pasar Gambir Tebing Tinggi Rp1,2 Miliar Tanpa Tender

TEBING TINGGI, MANDIRI

Proyek lanjutan pekerjaan pembangunan Pasar Gambir, Jalan Iskandar Muda, Kota Tebing Tinggi sebesar Rp1.279.377.000 yang dilaksanakan oleh CV SS Medan tidak melalui tender.

Ini terbukti dengan adanya surat No 050/409/Kimpraswil/2005 tanggal 10 Mei 2005. Penunjukan langsung dilakukan oleh Kepala Dinas (KADIS) Kimpraswil kota Tebing Tinggi selaku pengguna jasa.

Informasi yang diperoleh Mandiri, Selasa (3/11), hHal ini sebenarnya tidak sesuai acuan yang digunakan oleh Kadis Kimpraswil yang mengacu pada Keputusan Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah No 339/KPTS/M/2003 Tanggal 31 Desember 2003.

Seharusnya dalam pengerjaan proyek lanjutan pekerjaan pembangunan Pasar Gambir melalui pelelangan bukan penunjukan langsung seperti yang dilakukan Kadis Kimpraswil.

Akibat penunjukan langsung yang dilakukan Kadis Kimpraswil ini disebut-sebut telah membuka peluang timbulnya dugaan Korupsi bagi setiap orang yang berkompeten didalam pelaksanaan pembangunan Pasar Gambir, atau mungkin ada sesuatu hal yang disembunyikan dalam pengerjaan proyek tersebut sehingga dilakukan penunjukan langsung oleh Kadis Kimpraswil.

Informasi yang didapat menyebutkan ada beberapa bentuk penyimpangan dalam pengerjaan proyek lanjutan pembangunan Pasar Gambir.

Penyimpangan ini terkesan sengaja dilakukan guna mencari keuntungan yang lebih besar lagi, terbukti dengan beberapa pekerjaan yang tidak mengacu pada bestek yang telah ditentukan. Seperti halnya dalam pengadaan kayu pintu panel semi permanen, besi untuk tangga dan pintu kamar mandi/wc disebut-sebut menyalahi bestek.

Diduga penyimpangan yang dilakukan oleh CV SS Medan dalam pelaksanaan proyek lanjutan pembangunan Pasar Gambir merugikan negara sekitar Rp100 juta. [mel]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: