Inspektorat Periksa Penggunaan Anggaran di Kesbanglinmas Sumut

MEDAN, MANDIRI

Benar tidaknya terjadi penyelewengan anggaran di Badan Kesbanglinmas Provinsi Sumatera Utara, tampaknya bakal terungkap dalam waktu dekat. Tim Inspektorat saat ini tengah memeriksa penggunaan anggaran di instansi yang dipimpin Oloan Sihombing tersebut.

Perihal turunnya tim Inspektorat ke Kesbanglinmas disampaikan Inspektur Provsu Nurdin Lubis kepada Mandiri melalui telepon. Anak buah Nurdin Lubis akan memeriksa penggunaan anggaran di SKPD yang berkantor di Jalan Gatot Subroto tersebut, apakah sudah sesuai prosedur atau tidak.

“Mulai hari ini tim Inspektorat akan memeriksa penggunaan anggaran di Kesbanglinmas. Kita juga akan memeriksa penyebab mundurnya Bendahara Pengeluaran Kesbanglinmas, apakah betul karena tidak mau menandatangani pengeluaran yang tidak jelas penggunaannya atau disebabkan hal lainnya,” ujar Nurdin melalui telepon, Selasa (3/11).

Mantan Sekretaris DPRD Sumut ini menambahkan, pihaknya tidak main-main dalam setiap memeriksa penggunaan anggaran di setiap SKPD Provsu, termasuk yang saat ini sedang dilaksanakan, yakni memeriksa penggunaan anggaran di Badan Kesbanglinmas Sumut.

Diberitakan sebelumnya, Gerakan Aku Geram dan Anti Koruptor (GAGAK) mendesak aparat berwenang mengusut penggunaan anggaran di Badan Kesbanglinmas Provinsi Sumatera Utara di bawah pimpinan Oloan Sihombing. Setiap pelaku penyelewengan anggaran harus ditindak sesuai hukum yang berlaku di negeri ini.

Demikian ditegaskan Presiden GAGAK Safrizal El Batubara kepada wartawan di Medan, Minggu (1/11) menanggapi mundurnya oknun Bendahara Pengeluaran Kesbanglinmas Sumut diduga karena tak mau menandatangani pengeluaran anggaran yang tidak jelas penggunaannya.

Dijelaskan Safrizal, mundurnya oknum Bendahara Pengeluaran Kesbanglinmas Sumut jelas menimbulkan pertanyaan. Apalagi menurut informasi yang beredar, oknum Bendahara tersebut saat mengundurkan diri dalam kondisi sehat walafiat.

“Tidak mungkin seseorang mundur dari jabatannya kalau tidak ada apa-apanya. Misalnya saja, sakit. Tapi berdasarkan informasi yang beredar, oknum Bendahara Pengeluaran Kesbanglinmas Sumut mengundurkan diri karena tidak mau menandatangani pengeluaran yang tidak jelas penggunaannya,” ujar Safrizal.

Jika oknum Bendahara Pengeluaran Kesbanglinmas Sumut mengundurkan diri karena tidak mau menandatangani pengeluaran yang tidak jelas penggunaannya, GAGAK memberi apreseasi yang setinggi-tingginya. Tapi kenapa yang salah tidak mau mengundurkan diri?

Agar duduk permasalahan ini menjadi jelas, diminta kepada pihak berwenang mengusut tuntas penggunaan anggaran di Kesbanglinmas Sumut yang saat ini dipimpin Oloan Sihombing.

“Jika ternyata ditemukan penyelewengan anggaran, segera tindak pelakunya sesuai hukum yang berlaku di negeri ini. Penyelenggara pemerintahan di Provinsi Sumatera Utara harus bebas dari korupsi. Sebab anggaran yang digunakan pemerintah adalah uang rakyat,” tandas Safrizal.

Jika pihak berwenang tidak secepatnya menyikapi permasalahan di Kesbanglinmas Sumut, GAGAK akan mengerahkan massa supaya kasus ini diusut tuntas sampai pelakunya ditindak tegas jika terbukti menyelewengkan anggaran. [adi]

One Comment to “Inspektorat Periksa Penggunaan Anggaran di Kesbanglinmas Sumut”

  1. Tenaga honor dilabuhan batu- sumut, belum diangkat tahun di 2004 dan yang diangkat tahun 2006 (tidak sama sekali honor), maka itu mohon kepada Bapak agar menindaklanjuti perbuatan BKD Labuhan Batu-SUMUT. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: