Sumut Expo 2009 Ajang Penghamburan Anggaran?

MEDAN, MANDIRI

Pelaksanaan Sumut Expo 2009 yang diadakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis-Minggu (29/11-1/11) diduga ajang penghamburan anggaran belaka. Minimnya sosialisasi panitia serta tempat yang kurang strategis dianggap penyebab sepinya pengunjung.

Hal ini ditegaskan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Sumatera Utara A Jabidi Ritonga melalui telepon, saat meninjau langsung pelaksanaan Sumut Expo 2009 di Jakarta, Sabtu (31/10).

Menurut Jabidi, kegiatan ini sebenarnya cukup positif. Namun diduga karena kurangnya sosialisasi panitia serta tempat pelaksanaannya kurang strategis, pelaksanaan Sumut Expo 2009 menjadi sepi pengunjung. Akhirnya kegiatan ini dianggap hanya sebagai ajang penghambur-hamburan anggaran.

“Gubernur Sumatera Utara H Syamsul Arifin SE harus meminta pertanggungjawaban Ketua Panitia Nurlisa Ginting, mengapa pelaksanaan Sumut Expo 2009 sepi pengunjung. Nurlisa harus bertanggungjawab penuh karena berdasarkan informasi yang kami peroleh anggaran kegiatan ini berasal dari APBD yang notabene uang rakyat,” tegas Jabidi.

Selain itu Jabidi juga mengaku heran minimnya peserta dari kabupaten/kota di Sumut mengikuti Sumut Expo 2009. Sebab berdasarkan pantauan, dari 33 kabupaten/kota di Sumut, hanya 17 kabupaten/kota mengikuti kegiatan ini. Peserta lainnya antara lain PTPN dan PT Inalum.

Keheranan Jabidi semakin menjadi-jadi, karena peserta Sumut Expo 2009 ternyata dikutip biaya masing-masing Rp22 juta setiap standnya. Sementara informasi yang beredar, biaya pelaksanaan Sumut Expo 2009 sudah dianggarkan di APBD Sumut.

“Kalau dikalikan 20 stand saja, uang yang diraup dari kegiatan ini sudah mencapai setengah miliar. Lalu mau dikemanakan uang sebanyak itu, sementara informasi yang kami peroleh anggaran untuk kegiatan ini sudah ditampung di APBD,” kata Jabidi.

Menindaklanjuti temuan ini, PMII berharap pihak berwenang supaya mengusut apakah penggunaan anggaran sudah sesuai prosedur. Jika ternyata ditemukan aroma korupsi dalam kegiatan Sumut Expo 2009 supaya pelakunya ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku di negeri ini.

Ketua Panitia Sumut Expo 2009 Nurlisa Ginting tidak berhasil dikonfirmasi melalui telepon, Minggu (1/11) malam. Nurlisa yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut tidak mengaktifkan teleponnya. [adi]

One Comment to “Sumut Expo 2009 Ajang Penghamburan Anggaran?”

  1. Bung jabidi.. Buat sewa tempat doang habis itu stengah miliar yg bung bilang itu.. Banyak cakap bung ini. Tolong plajari dgn seksama dl sblm bicara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: