Pengacara Asli Polisikan Pengacara Gadungan

MEDAN, MANDIRI

Seorang oknum mengaku pengacara yang sering gentayangan di Pengadilan Agama Medan diadukan pengacara asli ke Poltabes Medan.

Pasalnya, ketika menangani sebuah perkara di PA Medan dengan nomor perkara.649/Pdt.G/2008/PA-Mdn, Abdul Jolil Siregar SH selaku pengacara yang sudah puluhan tahun praktek di Kota Medan, tidak mengenal oknum advokat bernama K Hasibuan yang menjadi kuasa hukum tergugat Sri Astuti dkk, sehingga merasa curiga dan coba menyelidikinya.

Setelah mendapat surat penjelasan dari Pengadilan Tinggi Medan Nomor W2. U/6397/Hkm.01.10/XII/2008 tanggal 24 Desember 2008 yang menyatakan nama K Hasibuan tidak ada terdaftar dalam Buku Register Daftar Pengacara di Pengadilan Tinggi Medan pengangkatan tahun 2000, maka Abdul Jolil Siregar SH membuat pengaduan ke Poltabes Medan.

Laporan Jolil diterima Poltabes Medan, 31 Desember 2008 dengan nomor pengaduan No.Pol.STBL/3215/XII/2008/TABES.

“Saya heran, saya tidak pernah mengenalnya sebagai advokat, dan cara cara dia mengikuti hukum acara persidangan sepertinya bukan advokat, saya mulai menyelidiki, dan ternyata dia bukan advokat” ujar Jolil kepada wartawan, Kamis (19/2) di Pengadilan Negeri Medan.

Menurut Jolil, selain bertindak sebagai advokat di PA, K Hasibuan juga diketahui sebagai pemimpin redaksi surat kabar mingguan di Kota Medan.

Dalam menjalankan aksinya, dipersidangan memberikan surat keterangan sementara sebagai advokat dari Ikadin yang ditandatangani oleh Burhan Sidabariba SH MH dan H Suhamzah Ginting SH MBA tertanggal 8 Januari 2008.

Saat itu Jolil protes kepada hakim agar K Hasibuan menunjukkan kartu identitas sebagai advokat. Setelah itu sidang kemudian tertunda dan saat sidang berikutnya K Hasibuan menunjukan kartu advokat yang dikeluarkan KAI.

Berbekal fotokopi kartu Advokat K Hasibuan yang dikeluarkan KAI bernomor SK-PT No.64/VI/2000/12 Mei 2000 tertanggal 30 Mei 2000, Jolil melakukan konfirmasi ke Pengadilan Tinggi Medan.

PT Medan mengeluarkan surat menyatakan bahwa K Hasibuan tidak pernah disumpah oleh PT Medan sesuai SK PT Medan yang tertera di Kartu advokat milik K Hasibuan.

“Saya bukan benci terhadap mereka yang saya adukan, tapi mereka jelas jelas melanggar hukum dan dapat saja merugikan orang lain. Dan ini juga merupakan proses pembelajaran agar hukum benar-benar ditegakan,” ujar Jolil.

Seperti diketahui, selama ini Abdul Jolil Siregar SH dalam menjalankan profesinya sebagai advokat memang cukup kritis. Ia bahkan tercatat salah satu advokat yang tak segan-segan mempolisikan polisi (mengadukan polisi ke Propam) jika menemukan penyalahgunaan jabatan kepada kliennya. [mad]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: