KSP Nasari Kembangkan Pasar ke Kota Medan

–Prioritaskan Nasabah Pensiunan PNS, TNI dan Polri–
MEDAN, MANDIRI

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari yang sudah didirikan sejak satu dasawarsa (10 tahun) lalu di Kota Semarang, Jawa Tengah, kini mulai mengembangkan pasar ke Kota Medan, ibukota Propinsi Sumatera Utara.

mandiri/ist

KSP NASARI. Gubernur Sumut H Syamsul Arifin SE foto bersama dengan Ketua Umum KSP Nasari Sahala Panggabean, calon anggota DPD RI H Ahamad Sulben Siagian, dan Kepala Badan Infokom Sumut Drs H Eddy Syofian MAP. foto: mandiri/ist

Ketua Umum KSP Nasari Sahala Panggabean didamping pengurus lainnya dan calon anggota DPD RI H Ahamad Sulben Siagian, usai bertemu Gubernur H Syamsul Arifin SE di Gubenuran Medan, Jumat (9/1) mengaku, ketertarikan pihaknya mengembangkan sayap ke Kota Medan, karena semata-mata ingin mengembangkan ekonomi kerakyataan, yang diketahui sangat konsern dikembangkan oleh Pemprop Sumut.
Panggabean menjelaskan, KSP Nasari yang sampai kini telah memiliki sembilan Kantor Cabang, yakni Bandung, Jakarta, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Palembang, dan Medan ini,  tetap memerioritaskan nasabah dari kalangan pensiunan PNS, TNI dan Polri.
“Selain memerioritaskan pensiunan PNS, TNI dan Polri, kita juga membidik nasabah dari berbagai elemen masyarakat umum lainnya,” ujar Panggabean
KSP Nasari didirikan di Kota Medan pada Januari 2006.  ujuan mengembangkan wilayah bisnis ke daerah itu, diakui Panggabean untuk menambah luas jangkauan hingga ke Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Sebab, kerjasama yang dijalin dengan PT Pos Indonesia, dan PT Taspen (Tabungan Pensiunan) dinilai Panggabean sangat prospektus untuk mengembangan bisnis hingga ke ujung wilayah Indonesia (Propinsi NAD).
Di samping itu, kerjasama dengan PT Pos Indonesia juga sangat potensial untuk menarik semakin banyak nasabah dari kalangan pensiunan PNS, TNI dan Polri. Sebab, setiap bulannya, para pensiunan itu mengambil gaji yang dananya disalurkan dari APBN melalui PT Pos Indonesia.
“Jadi, adanya kerjasama dengan PT Pos Indonesia itu akan memberi jaminan tingkat pengembalian pinjaman yang sangat aman yang disalurkan  KSP Nasari,” ungkap Panggabean.
Hingga kini, KSP Nasari memiliki aset sekitar Rp250 miliar dengan total pinjaman yang diberikan mencapai Rp203 miliar lebih. Sampai akhir tahun 2009, Panggabean memprediksikan, aset KSP Nasari akan mencapai Rp500 miliar, dengan estimasi pinjaman yang disalurkan mencapai Rp386 miliar lebih.
Terkait bunga yang diberlakukan KSP Nasari, Panggabean menjelaskan antara 1,75 persen sampai 2,5 persen. Bunga pinjaman ini diakui lebih tinggi satu persen dari bunga perbankan yang umum diterapkan saat ini.
“Sampai kini kita sudak melayani sedikitnya 100.000 orang, dengan rata-rata pinjaman Rp2,5 juta per orang,” ungkap Panggabean lagi.
Modal yang dikucurkan ini, diakui Panggabean lebih diminati para pedagang informal, seperti pedagang rokok, pemilik kedai kopi dan lainnya dengan estimasi perputaran modal sekitar 20 persen per hari.
Sebelumnya, Gubernur H Syamsul Arifin SE didamping Kepala Badan Infokom Sumut Drs H Eddy Syofian MAP mengaku, Pemprop Sumut sangat mendukung kinerja KSP Nasari ini. Dukungan diberikan karena, wadah ini dinilai ikut membantu upaya Pemprop Sumut dalam memberdayakan sektor usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) yang ke depannya akan lebih memperkuat sendi perekonomian rakyat. “Pemprop Sumut pada prinsipnya mendukung kegiatan KSP Nasari ini, Karena wadah seperti ini akan ikut menambah pencapai dari upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, terutama untuk lepas dari pengaruh krisis finansial global yang terjadi saat ini,” kata Syamsul. [oga]

Iklan
Tag:

2 Komentar to “KSP Nasari Kembangkan Pasar ke Kota Medan”

  1. Di salatiga banyak berkembang KSP meminjamkan dgn bunga tinggi.100.000 potong 10.000 kembali 130.000.selama 70 hari.itu KSP atau rentenir.mohon penjelasannya.karna sangat meresahkan masyarakat luas.

  2. apa kelebihannnya dengan koperasi yg ada di pegawai negeri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: