Sembilan Mantan Pegawai Dinas Kebersihan Deli Serdang Ditahan

–Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi Rp2,3 M–

LUBUK PAKAM, MANDIRI

Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam mengungkap dugaan korupsi berjamaah dengan menetapkan 9 orang koordinator buruh harian lepas petugas kebersihan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Deli Serdang, sebagai tersangka kasus korupsi APBD 2001-2007 senilai Rp2,3 miliar lebih.

Kesembilan tersangka tersebut, kini tidak lagi bertugas di Dinas Kebersihan dan Pertamanan karena dinas tersebut sudah dilikuidasi sejak 2008. Mereka adalah, YH pegawai Kantor Camat Percut Sei Tuan, PH di Kantor Camat Namorambe, Sk di Kantor Camat Sunggal, DB di Kantor Camat Tanjung Morawa, Sm di Kantor Camat Lubuk Pakam, R di Kantor Camat Galang, Su di Dinas Infokom, SS pensiunan PNS, dan NN pegawai di Dinas Perhubungan.

Kejari Lubuk Pakam H Tarmizi SH kepada wartawan kemarin mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan secara estafet terhadap 21 saksi dan mengacu kepada SK (surat keputusan) pengangkatan tenga honor sebagai petugas kebersihan oleh kepala dinas ditemukan adanya mark-up jumlah honor buruh harian lepas dengan memfiktifkan nama-nama petugas kebersihan terhitung sejak tahun 2001- 2007.

Selama 7 tahun itu, puluhan nama-nama petugas kebersihan tidak ada namun nama itu tercatat pada pembayaran gaji honor petugas kebersihan. Disebutkan kesembilan tersangka resmi ditahan sejak Kamis (4/12) dan dijerat pasal 2 dan 3 UU RI Nomor 20 Tahun 2001 hasil revisi UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

“Kesembilan tersangka kita tahan di Lapas untuk penyelidikan lebih lanjut karena tidak tertutup kemungkinan masih ada lagi tersangka lain dalam kasus korupsi tersebut” ujar Kajari.

Menurutnya kasus tersebut merupakan kasus korupsi terbesar yang mengorogoti dana APBD selama 7 tahun. Menjawab wartawan Kajari mengatakan akan mengungkap semua kasus korupsi, dan kini ditanganinya ada 6 kasus. [smt]

Iklan
Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: