Saksi Calon Bupati Samsul Sianturi Disebut Pembohong

–Sengketa Pilkada Taput–
TARUTUNG, MANDIRI

Kesaksian Robinhood Sianturi, saksi dari Calon Bupati Samsul Sianturi di persidangan Mahkamah Konsistusi (MK), Jakarta, Jumat (5/12) lalu yang mengatakan terjadi penggelembungan suara di Kecamatan Siborongborong dan sudah dilaporkan ke Polsek Siborongborong, disebut sebagai kesaksian bohong.
Tudingan tersebut dilontarkan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Siborongborong Hendri Hutasoit, Ketua PPS Kelurahan Siborongborong Hotma Lumbantobing dan Kapolsek Siborongborong AKP Osben Simanjuntak melalui Iptu JPL Sitorus saat dihubungi wartawan secara terpisah, Senin (8/12).
JPL Sitorus ketika dihubungi membantah keras pernyataan Robinhood Sianturi di persidangan MK yang menyebutkan telah melapor ke Polsek Siborongborong tentang adanya penyebaran undangan pemilih sekitar 5.000 lembar oleh Ketua PPS Kelurahan Siborongborong Hotma Lumbantobing.
Sementara itu, Ketua PPS Kelurahan Siborongborong Hotma Lumbantobing ketika dikonfirmasi, secara tegas juga membantah kesaksian Robinhood Sianturi di MK, yang menyatakan pihaknya membagi-bagikan undangan pemilih kepada warga masyarakat.
“Saya tidak pernah membagi-bagikan kartu pemilih kepada yang tidak berhak. Di Kelurahan Siborongborong, ada 7 TPS dengan jumlah pemilih sesuai dengan DPT 4.163 orang. Pada hari pemilihan itu, sekitar pukul 10.00 WIB Ketua PPK Siborongborong Henri Hutasoit memerintahkan kami untuk mengumpulkan kartu pemilih yang tidak ada orangnya agar tidak disalahgunakan. Ada 800 kartu pemilih yang tidak ada orangnya dan seluruhnya kami serahkan kepada Ketua PPK. Dia itu memberikan informasi bohong di Mahkamah Konstitusi,” ujar Hotma yang juga mantan Lurah Siborongborong.
Ketua PPK Siborongborong Hendri Hutasoit juga menuding kesaksian Robinhood Sianturi di MK adalah kesaksian bohong. Disebutkan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kecamatan Siborongborong adalah sebanyak 28.455 orang, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 20.050 orang, yang tidak menggunakan hak pilih 8.585 orang. Sedangkan pemilih dari TPS lain sebanyak 61 orang dan sisa kartu yang dikembalikan karena tidak terpakai se-Kecamatan Siborongborong sebanyak 2.714 kartu pemilih.
Saat disinggung jumlah pemilih di Kelurahan Siborongborong, dia mengatakan jumlah pemilih 4.167 orang, kertas suara yang dikembalikan sebanyak 986 kertas suara. ”Saya siap sebagai saksi di MK apabila dibutuhkan, karena peryataan dan kesaksian bohong Robinhood Sianturi di MK, sudah merupakan pencemaran nama baik PPK dan KPPS,” jelasnya.
Anggota KPU Taput Lambas JJ Matondang mengatakan, perintah untuk mengumpulkan kartu pemilih yang tidak digunakan datang dari KPU Kabupaten Tapanuli Utara untuk menghindari penyalahgunaan kartu yang tidak terpakai. “Perintah itu sudah kami berikan beberapa hari sebelum hari H,” ujar Matondang.
Sedangkan Kadis Catatan Sipil (Catpil) Tapanuli Utara Drs Kondar Sormin menyebutkan, tidak ada penggelembungan suara pada Pilkada Tapanuli Utara seperti yang dituduhkan, akibat Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda. Bantahan ini dilontarkan sekaitan penjelasan oknum PNS Sofyan Simanjuntak di MK.
Dia menjelaskan, ada 26.561 warga Taput yang termasuk dalam penduduk pemilik NIK bersamaan (istilah Kantor Catpil kepada NIK yang serupa) akibat tanggal lahir yang sama di kecamatan yang sama. Hal ini terjadi akibat pendataan yang masih menggunakan sistem excel, yang cenderung memasukkan data pada komputer dengan kode yang sudah ditetapkan berdasarkan propinsi, kabupaten, kecamatan dan tanggal lahir.
“Sehingga orang-orang yang memiliki tanggal lahir sama di setiap kecamatan memiliki NIK yang sama. Seluruh nama itu ada pada daftar penduduk calon pemilih yang kami kirimkan ke KPU untuk dimutakhirkan sebagai daftar pemilih,” ujar Sormin.
Seperti diketahui, dua pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Taput masing-masing Samsul Sianturi-Frans Anthony Sihombing dan Roy Mangotang Sinaga-Djunjung Pangondian Hutauruk mengajukan gugatan ke MK. Mereka menggugat hasil Pilkada Taput, 27 Oktober lalu yang memenangkan pasangan Torang Lumbantobing-Bangkit Parulian Silaban. [asi]

Iklan

One Comment to “Saksi Calon Bupati Samsul Sianturi Disebut Pembohong”

  1. kalo udah masalh ga ada yang mau ngaku salah,…
    kayakNYA anda seorang pemimpin yang ga benar kalo anda ga merasa bersalah gugat aja lagi dipersidangan lapor aja saksi dari syamsul biar enak
    itukan mencemarkan nama baik. benar tak?????
    jangan berani di belakang…. pengecut kau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: