Abang Beradik Pembunuh Mangasi Sidabutar Dituntut 20 Tahun Penjara

MEDAN, MANDIRI
Anggiat Simbolon dan Larry Simbolon (abang beradik), pembunuh Ketua Ikatan Pemuda Karya (IPK) Medan Labuhan Mangasi Sidabutar, dituntut masing-masing 10 tahun penjara dalam sidang PN Medan, Kamis (4/12). Tuntutan tersebut dibacakan Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Belawan, Ninik Khairani di hadapan majelis hakim diketuai Kaswanto SH.
Dalam surat tuntutan JPU, disebutkan perbuatan kedua terdakwa Anggiat Simbolon dan Larry Simbolon terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melanggar pasal 338 junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUH Pidana.
Menurut JPU Ninik Khairani SH, kedua terdakwa warga Komplek PJKA, Lingkungan XVI, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan melakukan pembunuhan terhadap Mangasi Sidabutar berawal dari perebutan lahan menjadi mandor Morina 81. Saat itu salah seorang keluarga terdakwa dipecat, sehingga terjadi pertengkaran dan menjurus kepada perkelahian.
Awalnya terdakwa Larry bertengkar mulut dengan korban di depan gudang Ali. Entah bagaimana, Larry menyerang Mangasi dengan parang yang diselipkan dibajunya. Ketika itu Anggiat pun tak tinggal diam, parang yang ada digenggamannya langsung diayunkannya ke leher dan kepala Mangasi.
Ternyata pembacokan dua kali yang dilakukan Larry sia-sia. Tubuh Mangasih sama sekali tidak mengeluarkan darah. Saat di bagian leher korban ditebas, korban langsung roboh, kemudian Lerry langsung bertubi-tubi menikam tubuh korban hingga tewas. Setelah mendengar saran dari orang tua mereka, sekitar pukul 23.00 WIB, Larry dan Anggiat bersama ibunya menyerahkan diri ke petugas kepolisian yang ketika itu berpatroli di Jalan Ilyas, Kelurahan Sei Mati, Medan Labuhan.
Berdasarkan pengakuan terdakwa dan keterangan saksi-saksi serta barang bukti yang terungkap dipersidangan, kedua terdakwa jelas terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan sebagaimana diatur dalam pasal 338 junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUH Pidana.
Setelah mempertimbangan hal memberatkan dan meringakankan, JPU menuntut kedua terdakwa masing-masing 10 tahun penjara dikurangi selama berada dalam tahanan.
Sidang dilanjutkan, Selasa (9/12) dalam agenda pembacaan nota pembelaan kedua terdakwa. [mad]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: