Menhut Ingatkan Kdh Monitor Kegiatan Menanam Pohon

–Gubsu Canangkan Hari Menanam Pohon Indonesia Tingkat Sumut–
MEDAN, MANDIRI

Gubsu H Syamsul Arifin SE bersama Ketua DPRD Sumut dan Unsur Muspida Sumut komit mendorong masyarakat daerah ini guna menanam pohon demi terwujudnya gerakan menanam pohon di Sumut.

mandiri/ist)

MENANAM POHON. Gubsu H Syamsul Arifin SE menanm pohon dalam rangka pencanangan hari menanam pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Jumat (28/11) di Pangkalan Utama TNI AL-I Stasiun Pemancar, Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang. (foto: mandiri/ist)

Gubsu menegaskan hal itu ketika bersama Ketua DPRD Sumut Drs H Azis Angkat dan Unsur Muspida Sumut (Pangdam I/BB, Kapoladsu, Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas III), Bupati Deli Serdang serta sekitar seribu personil melaksanakan penanaman pohon secara bersama-sama dalam rangka Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Propinsi Sumatera Utara, Jumat pagi (28/11) di Pangkalan Utama TNI AL-I Stasiun Pemancar, Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.
Gubsu yang membacakan sambutan tertulis Menhut DR (HC) H MS Kaban mengingatkan seluruh Kepala Daerah (Kdh) mulai dari lurah, camat, bupati/walikota, gubernur beserta jajarannya untuk benar-benar melaksanakan kegiatan menanam pohon, dan terus memonitor keberhasilannya sekaligus melaporkannya kepada Dephut. Kepada BUMN/BUMS diminta untuk berpartisipasi dan memfasilitasi masyarakat untuk menanam pohon.
Sedangkan kepada seluruh pihak diminta yang telah melaksanakan penanaman untuk memelihara, menjaga dan memantau dari gangguan hama, ternak, kebakaran serta kegiatan menanam pohon tidak berhenti hanya pada saat pencanangan tetapi terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya sesuai dengan kesesuaian musim hujan.
Menurutnya momentum ini dijadikan untuk mengajak seluruh rakyat Indonesia dimanapun berada untuk secara sadar mau melaksanakan kegiatan menanam dan memelihara pohon. Karena selain untuk pelestarian alam kegiatan ini juga mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi bagi masyarakat. Diharapkan dengan kegiatan ini memberi sumbangan pemulihan kerusakan sumber daya hutan, sekaligus membangun budaya sadar menanam sebagai sikap hidup bangsa Indonesia.
Ditambahkannya keberhasilan momentum aksi penanaman serentak 79 juta pohon yang dicanangkan Presiden RI 28 November 2007, dan kegiatan penanaman oleh kaum perempuan delam bentuk gerakan perempuan tanam dan pelihara 10 juta pohon telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan dunia internasional melalui United Nation Environment Programme (UNEP) berupa certificate of Global leadership yang diterima oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono 5 Juli lalu. Diingatkannya kebanggaan itu bukan berarti cukup berpuas diri, tetapi justru harus lebih menggelorakan semangat untuk meningkatkan kegiatan menanam pohon lebih baik dari sebelumnya.
Ditambahkannya, walaupun Indonesia memiliki luas hutan topis terbesar ketiga di dunia dengan kekayaan alam sebagai paru-paru dunia, namun masih menghadapi degradasi hutan dan lahan serta def0orestasi yang tinggi sebesar 1,08 juta ha per tahun. Maka apabila upaya rehabilitasi tidak segera dilakukan, akan terjadi bencana dikemudian hari, seperti longsor, banjir yang mengakibatkan kerugian harta benda dan korban jiwa.
Pada acara pencanangan yang dihadiri rimbawan Dishut Provsu, Lantamal I Belawan, Kodam I/BB, Angkatan Udara, Kepolisian, Polhut, Ormas, mahasiswa, pramuka, pelajar dan masyarakat itu, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman penanaman pohon antara Gubernur Sumut H Syamsul Arifin SE dengan Komandan Lantamal TNI AL-I Laksma Arie Sembiring.
Sementara itu Kadis Kehutanan Sumut JB siringo-rongo dalam laporannya menjelaskan penyelenggaraan kegiatan yang bertema “Penanaman serentak 100 juta pohon dalam rangka peringatan 100 tahun kebangkitan nasional” dan Sub Tema “Wujudkan hutan lestari, masyarakat sejahtera, Indonesia bisa” ini didasarkan Kepres RI Nomor 24 tahun 2008 tentang hari menanam pohon Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global dan untuk mencapai pembangunan Indonesia yang bersih.
Sedangkan tujuan pencanangan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam nasional lanjutnya, adalah mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas CO2, SO2 dan polutan lainnya, mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor, meningkatkan upaya konservasi sumberdaya genetik tanaman hutan dan meningkatkan kesadaran masyarakat.
Menurutnya luas lokasi pencanangan lebih kurang seluas 5 ha, dan selanjutnya akan dilaksanakan penanaman pada bulan menanam nasional bulan Desember mendatang dengan jumlah bibit pohon sebanyak 5.000 batang berupa bibit tanaman hutan dan MPTS seperti mahoni, juhar, buni, ketapang, pulai, trembesi, sengon, suren, mindi, singkam, petai, mangga, durian, manggis, rambe, asam glugur dan asam sunti.
Khusus di Sumut menurut Siringoringo diharapkan akan tertanam sebanyak 3,5 juta pohon oleh masyarakat, BUMN/BUMS, TNI, Polri, LSM dan Mahasisiwa. Sedangkan pencanangan secara nasional dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dicanangkan secara nasional oleh Presiden RI SBY di Cibinong Kabupaten Bogor, Kabupaten Jabar.
Dalam kegiatan itu juga dilaporkan Kelompok Tani Hijau Lestari, Desa Paluh Manan, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang memperoleh juara ketiga untuk kategori aksi penanaman serentak Indonesia. Untuk kategori kontes pohon jenis suren, juara ketiga diperoleh Russama Kennedi Naibaho dari Des Tambun Raya Simalungun, sedangkan jenis mahoni juara harapan dua diperoleh Tugiman (Kelompok Tani Kemuning) dari Desa Sidodadi, Kecamatan Beringin, Deli Serdang. [oga]

Iklan

3 Responses to “Menhut Ingatkan Kdh Monitor Kegiatan Menanam Pohon”

  1. UGA KABARTA NANDEI,MAMA NGUDA,PA TENGGAH.SALAM BUAT IMPALKU I UJUNG SERDAng,salam man abang talis monika,pero,anjani,ras bibi kerina,aku kardo sipayung arah kalimantan timur.ejuah juah kita kerina.

  2. salam buat gubernur sumatra utara.moga sukses mandalanhon pamarentahon.tolong ipardiateihon gubernur hanami hutakku i nagori dolog’kecamatan silau kahean kabupaten simalungun ,parahdo ijai dalan ,marlubang-lubang,maborit binogei dahkam anggo naik kareta laho huhutakku i parapat huluan.mela hita mangidah hutatta ai,mangidah ihutani halak on i kalimantan timur on,age dohor harangan ,markilat manlinang manistis do ijon dalan,songon naik pesawat do ijon markareta manlopusi dalanni halak ijon.Tuhan Jesus sai tongtong manrokkapi ham bani mandalanhon pamarentahanmu.salamhu rikardo sipayung,.

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: