Dokter RS Boloni Diduga Salah Diagnosa

MEDAN, MANDIRI

Orang tua Aldo Limbong (8), Flora Novita Sihaloho, penduduk Jalan Flamboyan, Tanjung Selamat, Medan akan mengadukan dan menggugat dokter bedah RS Boloni, dr Edok Sudadio SpB akibat salah mendiagnosa atau identifikasi penyakit.

Pasalnya akibat kesalahan diagnosa tersebut, Aldo yang terpaksa menjalani operasi bedah, bukan membuatnya sembuh tetapi penyakitnya semakin kambuh.

Hal ini dikatakan orang tua Aldo kepada wartawan di Press Room Poltabes Medan Sekitarnya, Rabu (11/6) sewaktu hendak membuat pengaduan.

Flora yang bekerja di PDAM Tirtanadi menerangkan, pertama kali Aldo diperiksa oleh dokter spesialis anak dr Deka Keliat SpA di RS Boloni. dr Deka menganjurkan agar Aldo didiagnosa terlebih dahulu oleh dokter spesilis bedah yang membidangi penyakit dalam yang ditangani dr Edok. Dari hasil diagnosa, Aldo disimpulkan menderita usus buntu akut.

Untuk menanggulangi penyakit tersebut dr Edok menganjurkan Aldo segera dioperasi. Karena tak tahan melihat anaknya kesakitan, Flora tanpa berpikir panjang menyetujui anjuran dokter tersebut.

Tetapi dari hasil operasi, Flora merasa heran karena dilihatnya usus Aldo yang berhasil diangkat dan dimasukkan ke tabung kaca terlihat biasa–biasa saja, tidak membengkak seperti lazimnya usus penderita usus buntu.

Setelah melihat hal yang kurang wajar tersebut Flora pun mengkonfirmasikannya kepada dr Edok. Dokter tersebut menyatakan usus tersebut positif terinfeksi.

Keheranan Flora semakin menjadi-jadi, ketika setelah selesai operasi anaknya tetap merasa sakit diperutnya sewaktu berada di SD Asisi Yayasan Perguruan Katolik Komplek Pemda Tanjung Sari. Padahal Flora telah menghabiskan uang Rp20 juta untuk biaya operasi dan rawat inap Aldo di RS Boloni.

Melihat kondisi Aldo yang kembali mengalami rasa sakit di perutnya, Flora akhirnya membawa Aldo ke dr Margareta. Oleh dr Margareta dianjurkan agar Aldi diperiksa di RS Elisabet Medan.

Dari pemeriksaan laboratorium, Aldo didiagnosa menderita penyakit kelainan lambung dimana lambung mengalami pembengkakan dan terdapat kristal batu. “Dari pemeriksaan Lab Elisabet, Aldo bukan menderita usus buntu, ususnya stabil. Yang buat saya heran sewaktu melihat hasil usus yang diangkat terlihat tidak mengalami kelainan,” terang Flora.

Sementara dr Edok Sudadio SpB ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler menyatakan, Aldo positif menderita usus buntu akut. “Dari hasil diagnosa Aldi menderita positif usus buntu akut. Untuk hal tersebut telah terdata dan siap untuk dipertanggungjawbkan,” tandasnya tanpa rasa gentar. SMN

Iklan

2 Komentar to “Dokter RS Boloni Diduga Salah Diagnosa”

  1. Ada apa sebenarnya ya tentang cara kerja yang dilakukan oleh dokter RS. Boloni? apakah mereka sudah bekerja secara profesional?
    Saya mengenal sedikit banyaknya RS. Boloni. Banyak sekali pasien yang mengeluh tentang pelayanan yang diberikan, itu dikarenakan tenaga ahli (perawat) sangat tidak memadai di Rumah sakit tersebut.

    Sistem management RS. Boloni sangat berantakan dan tidak profesional, namun percaya tidaknya, pelanggan tetap Rumah Sakit tersebut dari kalangan perusahaan ternama (Seperti PT. INALUM, PTPN, PERTAMINA dan ada beberapa perusahaan lainnya lg).

    Saya cuma bisa menggelengkan kepala dan bertanya dalam hati, “kapan pemilik RS tsb sadar?”, karena tanpa disadari cepat atau lambat RS tsb akan hancur karena ketidak becusan sistem management yang dibentuk oleh orang2 yang ngga mengerti management.

  2. Kita tidak dapat berkomentar tentang pelayanan dokter sudah benar atau tidak karena itu adalah kompetensi IDI, lagi pula kalau dibawapun ke ranah hukum, maka penegak hukumpun akan meminta opini saksi ahli dari profesi dokter, untuk itu saya sarankan kita membaca buku berjudul ” Pasien pintar dokter bijak” yang ada dijual di Gramedia sehingga kita lebih bijak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: