Hasil Survei: Pemilukada Medan Satu Putaran

–Joko-Amanah Unggul 31,6 Persen–

MEDAN, MANDIRI
Lembaga Survei Masyarakat Anulir Suara Indonesia (Mari) mengadakan polling atau survey terhadap Calon Walikota-Wakil Walikota Medan Periode 2010-2015, selama 15 hari dimulai pada 13 Maret hingga 28 Maret 2010. Hasilnya, Pemilukada Kota Medan berlangsung satu putaran dan dimenangkan pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Nomor Urut 5 Drs H Joko Susilo-Amir Mirza Hutagalung SE (Joko-Amanah) dengan raihan dukungan 31,6 persen suara.
Direktur Eksekutif Mari Drs Kamal Lubis didampingi Koordinator Peneliti dan Pengumpul Data/Suara Drs Marwan Nasution kepada wartawan di Rumah Makan Garuda Jalan Patimura, Medan, Selasa (6/4) malam menjelaskan, lembaganya dalam melakukan survei berlaku netral, independen dan serius. Dan tujuan polling ini untuk mendapatkan gambaran secara ilmiah, terhadap kekuatan 10 Calon Walikota-Wakil Walikota Medan.
“Survei dilakukan Mari, hanya 15.360 responden dari 1,9 juta pemilih Kota Medan, hasil polling ini diharapkan dapat menggambarkan aspirasi masyarakat Kota Medan secara keseluruhan, dengan metode survei menggunakan sistem random,” jelas Kamal, seraya menambahkan, survei ini dengan sistim kerja mendatangi dan mewawancarai orang per kecamatan di seluruh Kecamatan se Kota Medan.
Dimana setiap masyarakat diwawancarai secara acak (random). Jelasnya, interviw menggunakan responden acak yang representif. Hasilnya, pasangan Joko Susilo-Amir Mirza Hutagalung lebih unggul dengan memperoleh suara 36,6 persen, dibandingkan pasangan Maulana-Arif (Mari) yang hanya mampu menyusul dengan suara 19,7 persen.
Selanjutnya pasangan Ajib Shah- Binsar terpaksa puas diposisi ketiga dengan 18,4 persen, disusul Rahudman-Eldin 16,3 persen, Bahdin-Kasim 15,3 persen, pasangan Sofyan Tan- Nelly 15,1 persen, Sigit-Nurlisa 12,3 persen, Prof.Arif-Supratikno 8,4 persen, Syahrial Anas- Yahya 6,2 persen dan Indra Sakti- Delyuzar hanya mendapatkan suara 5,9 persen responden.
Disebutkan Lubis dan Nasution, pasangan Joko-Amanah dengan Nomor Urut 5 yang merupakan calon perseorangan/independen mendapatkan responden terbanyak dari orang Jawa, Batak Toba dan Batak Mandailing, Melayu serta orang Minang. Alasan ini sangat kuat dikarenakan masyarakat Kota Medan ternyata sangat mengidolakan calon independen yang muda dan energik dan yang ganteng, jika dibandingkan calon dari partai politik (parpol).
“Hasil survei juga mendapatkan angka 35,4 persen golongan putih (golput), karena tidak mau tahu dengan adanya Pemilukada Medan ataupun tidak mendapatkan respon dari masyarakat,” ungkapnya.
Ditanya wartawan tentang menonjolnya calon independen, kata Kamal Lubis, hampir seluruh responden sangat menginginkan sosok pemimpin Kota Medan bukan berasal dari partai politik. Alasannya, pemimpin Kota Medan yang berasal dari calon perseorangan/independen akan lebih pasti dan mampu kinerjanya untuk membangun Kota Medan dan mensejahterahkan masyarakat, karena sosok pemimpin dari jalur independen tidak takut dengan berbagai tekanan ataupun dituntut bayar utang.
“Hampir sebagian penduduk Kota Medan ingin memberikan kesempatan dan amanah kepada seorang pemimpin yang berasal dari dukungan KTP masyarakat, bukan yang diusung parpol. Mereka ingin Pemerintah Kota Medan sekali-sekali dari independen,” ungkap Nasution.
Ketika disinggung keinginan masyarakat Medan terkait pelaksanaan Pemilukada Medan, menurut Nasution, seluruh responden yang diwawancarai rata-rata menginginkan Pemilukada Medan hanya satu putaran. “Kita sangat mendukung Pemilukada Medan satu putaran, sehingga program-program pembangunan yang merupakan visi-misi Calon Walikota dan Wakil Walikota Medan bisa diwujudkan pelaksanaannya,” ujarnya. [adi]

About these ads

Satu komentar to “Hasil Survei: Pemilukada Medan Satu Putaran”

  1. semoga satu putaran agar menghemat biaya pilkada dari uang rakyat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: