Toluto, Lanjutkan Terus

–Segelintir Rakyat Taput Menghujat Mayoritas
Memuji–
TARUTUNG, MANDIRI
Meskipun Torang Lumbantobing (Toluto) sempat dihujat segelintir rakyat Taput karena keputusan Mahkamah Konstitusi untuk melaksanakan pilkada ulang, namun fenomena yang berkembang sekarang ini justru mayoritas rakyat Taput memuji sekaligus menginginkan Bupati Taput itu untuk melanjutkan dan meningkatkan keberhasilan yang dicapai selama ini. Lalu posisi Toluto pun saat ini semakin populer dan dicintai rakyatnya. Toluto, lanjutkan terus…

mandiri/ist

TOLUTO DAN GUBSU. Toluto sedang akrab bicara dengan Gubsu Syamsul Arifin baru-baru ini. Mayoritas Rakyat Taput akan memilh Toluto. foto: mandiri/ist

Demikian disampaikan beberapa tokoh masyarakat dan perantau Taput memberikan pendapat kepada Mandiri secara terpisah, Jumat dan Sabtu (7/2). Mereka yang menyampaikan pendapat itu antara lain Amser Hutauruk (Pemilik Toko Sipoholon), Op Perdana Situmeang (Pasar Sipoholon), Patar Situmeang (Ketua Marga Situmenang Sedunia) dan pengusaha sukses di Jakarta, Lindung Manalu (Mantan Kepala Desa Aek Raja), Op Rindu Manalu (Vorhanger HKBP Resort Parmonangan).
Amser Hutauruk secara spontan mengatakan, dia mendukung Toluto dengan alasan bahwa Taput sekarang tergolong salah satu Kabupaten paling kondusif di Sumut. Sampai saat ini tidak ada kasus korupsi yang mengemuka, Toluto dengan konsep pembangunannya diawali dari seluruh pedesaan sebagai sentra produksi pertanian. Jadi dengan kenyataan ini, maka tidak salah lagi hampir 50 persen rakyat Taput akan memilih Toluto pada pilkada ulang hari Jumat (13/2) ini. ”Rasa optimis ini bukan berlebihan karena dukungan semakin hari dan semakin dekat hari pencoblosan bahwa dukungan yang disampaikan secara tertulis dan lisan sudah semakin mengalir. Semoga Toluto berhasil,” ujar Amser Hutauruk.
Op Perdana Situmeang menambahkan, sentuhan batin Toluto dengan rakyat Taput sudah sangat sulit dipisahkan. Nama Toluto betul-betul sudah terukir dihati sanubari rakyat Taput. Itulah gambaran kedekatannya dengan rakyat. Dia lebih banyak menghabiskan waktunya di tengah-tengah masyarakat. Dia tidak pemarah melainkan pemurah. “Itulah sebabnya ketika Mahkamah Konstitusi memutuskan pilkada ulang di Taput, justru yang bukan pendukungnya semula jadi berbalik mendukung Toluto dan seraya berlomba-lomba menyalami Toluto sekaligus memberikan semangat untuk melanjutkan kepemimpinan lima tahun kedepan. Toluto, lanjutkan terus. Sekali lagi lanjutkan,” kata Op Perdana Situmeang menirukan semboyan iklan Presiden SBY.
Patar Situmeang selaku Ketua Punguan Marga Situmeang Sedunia dan kini pengusaha sukses di Jakarta mendoakan supaya pilkada ulang yang akan dilakukan Jumat depan berlangsung sukses. Kepada segenap keturunan marga Situmeang yang ada di Bona Pasogit Taput diminta agar memilih figur terbaik yang selama ini sudah terbukti menciptakan rasa kondusif di Taput. Berikan waktu satu periode lagi untuk melanjutkan program yang sudah dilaksanakan selama ini dengan maksud supaya jangan tanggung.
Selaku perantau asal Kecamatan Sipoholon, Taput, Patar Situmeang mengimbau seluruh komponen masyarakat, aparat sipil dan militer supaya benar-benar menjaga nama baik Taput sebagai daerah yang berbudaya dan religius. Kerukunan harus dijaga dan ditingkatkan terus. Jangan gara-gara Pilkada ulang membuat Taput ini tidak kondusif. Hubungan kekerabatan harus dijaga.
Memang, saya mendengar kabar dari Taput bahwa jelang pilkada ulang ini sedikit peta politik menghangat. Itu sah-sah saja sebagai dinamika jelang perhelatan besar di sebuah daerah atau negara. Di negara adi kuasa sekalipun memang situasi politik menghangat. Dan perlu diingat, jangan gara-gara pilkada terjadi gesekan-gesekan yang merusak tatanan Dalihan Natolu, ujar Patar Situmeang mengingatkan.
Lindung Manalu (mantan Kepala Desa Aek Raja Parmonangan) sedikit menyesalkan sikap sebagian warga Taput yang menghujat kepemimpinan Toluto. Mestinya harus melihat situasi kondusif Taput sebagai tolok ukur dan acuan untuk melakukan penilaian. Demikian halnya keberhasilan pembangunan yang telah terlaksana, meskipun masih perlu ditingkatkan. Kedekatannya dengan rakyat tidak dimiliki semua pejabat.
Penilaian Op Rindu Manalu (Vorhanger HKBP Resort Parmonangan) sama dengan lainnya bahwa Toluto sudah berhasil memimpin Taput dalam kurun waktu lima tahun. Toluto tidak banyak mengumbar janji.  Berbeda dengan pejabat lainnya terkadang banyak bicara dan hanya pintar berpidato. Toluto tidaklah seperti tipe pejabat lainnya. Toluto benar-benar bukan pintar berteori-teori atau berkarya kata melainkan berkarya nyata. Dan tipe pejabat seperti Toluto lah yang lebih tepat di masa sekarang ini.
Lihat, hubungan Toluto untuk sesama Unsur Pimpinan Daerah (Uspida) Taput bagus. Terhadap Pimpinan gereja dari tingkat Pusat sampai ke pedesaan terbina dengan baik. Begitu juga dengan rakyat terjalin hubungan harmonis. Toluto tidak sombong, seakan tidak ada jarak dengan rakyat. Dengan kepedulian sosial yang cukup tinggi dibarengi keberhasilan dan prestasi yang diraih Toluto selama lima tahun ini, maka dengan alasan keberhasilan itu pulalah kami mayoritas rakyat Taput untuk tetap memilih Toluto guna melanjutkan kepemimpinan lima tahun mendatang sehingga apa yang telah dilakukannya akan lebih berhasil guna bagi pembangunan Taput secara menyeluruh. “Semoga Tuhan memberkati Toluto dan rakyat Taput. Hidup Toluto, hidup rakyat Taput,” ujar Vorhanger HKPB Resort Parmonangan itu. [tim]

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: