MK: Keputusan KPU Dairi Sah

–Putusan Sidang Sengketa Pilkada Dairi–
JAKARTA, MANDIRI

Upaya pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Dairi Parlemen Sinaga-Budiman Simanjuntak “menjegal” pasangan Johnny Sitohang-Irwansyah Pasi menduduki jabatan Bupati-Wakil Bupati Dairi Periode 2009-2014, kandas sudah. Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan, keputusan KPU Dairi yang menetapkan Johnny-Irwansyah sebagai Bupati-Wakil Bupati Dairi terpilih adalah sah.
MK menyatakan sah Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi Nomor 37 Tahun 2008 bertanggal 13 Desember 2008 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Dairi Tahun 2008 Putaran Kedua, karena keseluruhan permohonan pemohon, Parlemen Sinaga-Budiman Simanjuntak (Pasangan Calon Nomor Urut 4), tidak beralasan dan tidak terbukti menurut hukum.
Hal tersebut disampaikan dalam sidang pengucapan putusan perkara 60/PHPU.D-VI/2008, Senin (12/1), di ruang sidang MK. MK berpendapat, dalil pemohon serta alasan-alasan hukum yang dikuatkan oleh keterangan para saksi pemohon tidak tepat dan tidak terbukti menurut hukum. “Termohon dapat mengajukan bukti sebaliknya dan dapat mematahkan dalil-dalil dan alasan-alasan hukum pemohon,” ungkap Hakim Konstitusi M Arsyad Sanusi.
Tuduhan telah terjadi money politics dan penganiayaan, menurut MK, merupakan ranah Panwaslu untuk menanganinya. Lagi pula, money politics tersebut juga tidak dapat dipastikan kepada pasangan calon yang mana suara akan diberikan. Selain itu, sangkaan money politics terhadap 1.003 orang tidak mempengaruhi secara signifikan perolehan suara Pasangan Calon Terpilih.
Mengenai keberatan pemohon tentang adanya berbagai pelanggaran Nomor Induk Kependudukan (NIK), seperti adanya ganda NIK dan NIK rekayasa, menurut MK, tidak tepat dan tidak berdasar hukum. Karena persyaratan pemilih untuk melakukan pemilihan pada masing-masing TPS tidak berdasarkan NIK seseorang.
“Mahkamah berpendapat bahwa NIK bukanlah merupakan syarat hukum pemilih dalam menentukan sah atau tidak sahnya seseorang sebagai pemilih dalam pilkada dan tidak harus selalu sama dengan jumlah pemilih yang terdaftar karena dalam administrasi kependudukan di seluruh Indonesia belum semuanya tertata dan masih ada sebagian penduduk belum memiliki NIK,” jelas Arsyad.
Selain itu, MK menilai, data yang dikemukakan oleh pemohon bukanlah data resmi melainkan merupakan hasil pengolahan yang dibuat sendiri oleh pemohon, karenanya kebenaran dalil dan alasan pemohon tidak terbukti secara sah dan menyakinkan. [hmk]

About these ads

2 Komentar to “MK: Keputusan KPU Dairi Sah”

  1. Sangat disayangkan..karena sebagai masyarakat kab.dairi, kami mengetahui semua kecurangan yang dilakukan No. 2….Akan kemanakah Dairi kami dibawa oleh mereka? Akan semakin tertindaslah kami, masyarakat kab.dairi… sudah tidak ada yang dapat menolong kami lagi….

  2. Dasar geblek!
    Dah pd buta ya para hakimnya?!
    1. Masa’ ijasah yg jelas2 dinyatakan KPU Prop Sumut tdk memenuhi persyaratan Cabup msh dibilang SAH????
    2. Memang benar KPU berhak menentukan pemilih walaupun tanpa NIK. TAPI, apakah KPU jg berhak MEREKAYASA NIK??? MENGGANDAKAN NIK??? MENGGANDAKAN NAMA PEMILIH??? Dan perlu dicatat: NIK KOSONG pada pilkada putaran kedua adalah sebanyak 24 ribuan. Dari mana ini semua???? Sedangkan Daftar Pemilih Potensial dr Kependudukan adalah 181 ribuan (tdk ada NIK Kosong, NIK Rekayasa, NIK Ganda n Nama Ganda) dan Daftar Pemilih Tetap putaran kedua dr KPU adalah 184 ribuan. Org gk sekolah jg bs tau dr mana itu.
    3. Money politic dan penganiayaan tdk terbukti???? Jwblah hai masyarakat Dairi…
    Memang republik ini menuju kehancuran!!!
    Siap tdk siap kita hrs siap…
    Selamat mengalami kebobrokan demokrasi!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: