Hari Ini, Sengketa Pilkada Langkat Disidangkan di MK

JAKARTA, MANDIRI

Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Jumat (9/1) menyidangkan sengketa perkara persilihan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Langkat. Sidang perkara Nomor 66/PHPU.D-VI/2008 yang sebelumnya dijadwalkan, Kamis (8/1) pukul 15.30 WIB diundur menjadi Jumat (9/) pukul 09.30 WIB.

Perubahan jadwal persidangan perselisihan hasil perhitungan Pilkada Langkat itu menurut Plt Panitera Mahkamah Konstitusi (MK) Kasiur Sidauruk SH sesuai dengan Surat Keputusan MK Nomor 6.666/NWI/2009. Pengunduran ini hasil keputusan Majelis Hakim MK.

Sebelumnya, sesuai dengan surat Tanda Terima Nomor 621/PAN.MK/XII/2008, Tim Kuasa Hukum Drs H Asrin Naim-Drs H Legimun S MPd yang disampaikan pada 30 Desember 2008, bahwa Tim Advokasi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 4 tersebut menyampaikan permohonan keberatan terhadap keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat Nomor 29 Tahun 2008 Tanggal 28 Desember 2008.

Dalam surat permohonan yang diajukan Tim Kuasa Hukum Asrin Naim-Legimun, mereka menolak hasil rekapitulasi perhitungan dan hasil penetapan pasangan nomor urut 1 yakni, Ngogesa Sitepu dan Budiono sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih oleh KPU Langkat dengan perolehan suara 239.102 suara.

Disebutkan, KPU Langkat telah mengabaikan hak-hak perolehan suara yang semestinya diterima pasangan calon nomor urut empat. Pasalnya, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Asrin Naim-Legimun menemukan adanya penghilangan suara pemilih yang pada putaran pertama tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 723.435 dan pada putaran kedua menjadi 704.933. Sehingga diperhitungkan suara pemilih yang dihilangkan sebanyak 18.502.

Dengan begitu Tim Kuasa Drs H Asrin Naim-Drs H Legimun S MPd menilai, KPU Langkat telah menghilangkan secara sistematis peluang pemilih yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap pilkada putaran kedua untuk memilih pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 4.

Menurut salah satu kuasa hukum Asrin Naim-Legimun, Benyamin SH, ketika dijumpai wartawan di Jakarta, Kamis (8/1), selain hilangnya dari DPT dalam putaran kedua, KPU Langkat juga telah memasukkan pemilih baru dalam daftar pemilih tetap tanpa memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun Nomor Induk Kependudukan (NIK). Tercatat, sebanyak 69.934 pemilih tanpa KTP dan NIK yang masuk dalam dalam DPT pada putaran kedua. Dikatakan, hal itu melanggar Pasal 16 ayat 2 huruf (c) Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005.

Ironisnya, jelas Benyamin, selain tidak penah menetapkan jumlah DPT putaran kedua, KPU Langkat juga telah melakukan pelanggaran dengan mengeluarkan surat edaran tertanggal 19 Desember 2008 Nomor 270-804/KPU-LKT/2008 yang berisi hasil rapat pleno KPU Langkat, telah menyepakati boleh merubah rekapitulasi jumlah pemilih dalam DPT pada putaran kedua.

Hal lainnya, ujar Benyamin, KPU Langkat juga melakukan pelanggaran dengan memasukkan 60 orang pemilih dari Kecamatan Binjai pada tanggal 18 Desember 2008 ke dalam DPT putaran kedua dalam tenggang waktu yang telah berakhir dalam penentuan dan penetapan DPT. Pasalnya, berdasarkan Keputusan KPU Langkat Nomor 25 Tahun 2008 tentang tahapan, program dan jadwal waktu penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Langkat Putaran II Tahun 2008, pemutakhiran/validasi data dan daftar pemilih mulai 9 November 2008 sampai 27 November 2008.

“Untuk itu, kami dari kuasa hukum Asrin Naim-Legimun memohon kepada MK menerima dan mengabulkan permohonan keberatan yang diajukan ini untuk seluruhnya. Soalnya, meski suara yang dihilangkan di DPT putaran kedua sebesar 18.502 dan pemilih yang tidak mempunyai KTP dan NIK sebesar 69.934 itu tidak masuk ke pasangan Asrin Naim-Legimun dan Ngogesa Sitepu-Budiono, maka perolehan suara pasangan nomor urut 4 tetap 170.463 dan nomor urut 1 sebanyak 169.188 suara,” tandasnya. [adi]

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: