Sarmadan Hasibuan Dilaporkan ke BKD Sumut

–Diduga Terlibat Kampanye di Pilkada Palas–
MEDAN, MANDIRI

Dugaan keterlibatan oknum Sekdako Padangsidimpuan Sarmadan Hasibuan SH dalam Pilkada Padanglawas (Palas) untuk memenangkan salah satu pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Periode 2008-2013 akhirnya dilaporkan ke Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi Sumatera Utara.
Tim Pemenangan Drs H Rahmad P Hasibuan-Drs Aminusin M Harahap AMK (RAMAH) dalam laporannya tertanggal 16 Desember 2008 membeberkan, sejumlah pejabat Pemkab Palas dan Pemko Padangsidimpuan terlibat langsung pada pelaksanaan Pilkada Palas putaran pertama dan kedua, diantaranya oknum Sekdako Sidimpuan Sarmadan Hasibuan.
“Tentu hal ini melanggar undang-undang tentang kepegawaian dalam netralitasnya sebagai pejabat negara dan menciderai tatanan nilai-nilai demokrasi, yang mana juga diatur dalam UU no 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah pasal 79 ayat 1 bahwa tidak dibenarkan PNS mempengaruhi orang lain untuk mendukung salah satu calon,” tulis Ketua Umum Tim Pemenangan RAMAH H Tongku Muhammad Paruhum Hasibuan dalam laporannya Nomor: 51/TP-RAMAH/Palas/XII/2008.
Dalam laporan yang juga ditandatangani Sekretaris Umum Tim Pemenangan RAMAH Basyaruddin S Hasibuan serta Calon Bupati-Wakil Bupati Drs Rahmad P Hasibuan-Drs Aminusin M Harahap AMK disebutkan, Sarmadan antara lain tampak berada di Desa Sibual-buali, Kecamatan Ulu Barumun, Palas, pada hari H Pilkada Palas, 3 Desember 2008 sekitar pukul 02.00 WIB.
Menurut saksi H Syamsul Bahri Harahap, ketika itu Sarmadan datang dengan mengendarai mobil BK 9191 HS sembari membawa uang yang ditaruh dalam tas untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat Desa Sibual-buali supaya memilih tanda gambar nomor 7 (Basyrah Lubis-Ali Sutan Harahap) pada saat pencoblosan.
Fahruddin Hasibuan, warga Lingkungan III, Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, juga mengaku melihat secara langsung Sarmadan Hasibuan memberikan uang Rp200.000 kepada salah seorang warga Desa Siundol Julu, Kecamatan Sosopan, pada hari Sabtu tanggal 15 November 2008 sembari berpesan kepada warga tersebut untuk mendukung dan memilih pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Palas Nomor Urut 7.
Di akhir laporannya, Tim Pemenangan RAMAH meminta dan mendesak BKD Sumut segera memanggil dan menindak Sekdako Padangsidimpuan Sarmadan Hasibuan atas keterlibatannya dalam memenangkan salah satu pasangan calon Bupati-Wakil Bupati pada Pilkada Palas.
Seperti diketahui, Pilkada Palas putaran kedua tanggal 3 Desember lalu akhirnya dimenangkan pasangan Basyrah Lubis-Ali Sutan Harahap. Namun kemenangan pasangan ini masih tersandung menyusul gugatan yang diajukan pasangan Rahmad P Hasibuan-Aminusin M Harahap ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dijadwalkan, MK akan memutus perkara ini 7 Januari mendatang. [adi]

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: